Blog

Tips Menidurkan Bayi yang Rewel

Tips Menidurkan Bayi yang Rewel – Bayi yang baru lahir belum bisa membedakan antara siang dan malam hari. Makanya, orang tua perlu tahu bagaimana cara menidurkan si kecil. Sebab jika bayi sulit tidur ataupun tidur di waktu yang salah, pasti akan merepotkan orang tua.

Tips Menidurkan Bayi yang Rewel

Bayi yang lahirnya sudah beberapa minggu, orang tua perlu menerapkan pola tidur yang baik untuk si kecil. Pola ini berguna agar bayi tidur dengan waktu yang cukup dan teratur.

Tips Menidurkan Bayi yang Rewel Paling Efektif

  • Terapkan pencahayaan yang tepat antara malam dan siang hari

Bayi umumnya menggunakan cahaya matahari untuk memahami lingkungan sekelilingnya. Ruangan yang gelap mengakibatkan pelepasan hormon melatonin sehingga meningkatkan efisiensi tidur serta durasi tidur.  Makanya, agar bayi bisa tidur lebih cepat, berikut yang bisa dilakukan.

  • Biarkan sinar matahari masuk ke ruangan di pagi hari dengan membuka jendela ataupun pintu ruangan. Bayi pun boleh dibawa ke luar rumah  agar bisa melihat cahaya di luar rumah. Bahkan tidur siang pun boleh dalam ruangan yang cukup terang.
  • Sedangkan saat malam hari sekitar 2 jam sebelum tidur, sebaiknya langsung redupkan lampu tidur di kamar tidur si kecil. Kemudian padamkan lampu sepenuhnya agar bayi merasa lebih tenang dan terlelap tidur.
  • Apabila tengah malam bayi terbangun jangan hidupkan lampu, tetapi gunakan lampu kecil agar bisa lebih mudah mengecek kondisi bayi. Jika selesai, langsung matikan semua lampu.
  • Kemudian di pagi hari, saat matahari sudah terbit, silakan bangunkan si kecil.
  • Mengatur jam tidur bayi

Bayi akan sangat baik jika bisa tidur di jam yang tepat dan teratur. Sehingga lebih mudah terlelap di malam hari dan lebih berkualitas. Makanya, sebagai orang tua harus membiasakan si kecil tidur tepat waktu terutama saat dia masih berusia 6 hingga 8 minggu. Boleh menerapkan tips menidurkan bayi yang rewel dengan cepat berikut ini.

  • Bayi harus bermain aktif di siang hari, bunda dapat membantunya. Sedangkan di sore hari melakukan permainan yang tenang sehingga bayi kelelahan akibat gerakan aktif yang dilakukan.
  • Aktivitas seperti ini dilakukan secara rutin setiap hari di jam yang sama.
  • Saat akan tidur,  pastikan bayi melakukan aktivitas yang tenang ataupun kegiatan yang tidak terlalu menguras energi.
  • Sebagian bayi pun akan lebih merasa tenang dengan menikmati mandi air hangat sebelum tidur. Jika bayi memiliki aktivitas favorit di malam hari, silakan simpan aktivitas tersebut. Sehingga bayi pun bisa  lebih menunggu waktu tidur.
  • Kondisi tempat tidur bayi selalu dibuat nyaman secara konsisten di malam harinya. Jangan lupa pasang suhu kamar  saat menjelang tidur. Jangan terlalu panas ataupun terlalu dingin. Jika di tengah malam bayi terbangun, suara dan pencahayaan di kamar harus tetap sama seperti saat si kecil tidur.

  • Jangan langsung gendong bayi saat terbangun

Bayi yang tidur di malam hari ataupun siang hari bisa saja terbangun setelah terlelap. Namun, sebagai bunda jangan langsung mengangkat ataupun mengeraskan suara di depan bayi. Tetapi, pantaulah kondisi bayi dari jarak yang agak jauh sebab secara pelan-pelan bayi akan tidur sendiri. Akan lebih baik lagi mengajarkan bayi dengan cara tidur sendiri sehingga jika terlelap malam hari, si kecil boleh menidurkan diri sendiri.

Meskipun begitu, jangan juga menunggu sampai bayi meraung-raung. Maka, perlu antisipasi serta ketahui kebiasaan bayi tidur agar lebih mudah menenangkan saat dia terbangun lagi.

  • Hindari mengganti popok saat tidur

Bayi akan lebih mudah terbangun, jika diganti popok saat dia sudah terlelap. Akhirnya  sulit untuk tidur kembali, makanya sebelum menidurkan bayi usahakan gunakan popok yang baru sebagai tips menidurkan bayi yang rewel malam hari.

Tentunya yang terbaik, berkualitas dan sudah pasti aman dari kebocoran. Saat ini banyak merek popok bayi, tinggal pilih saja yang sesuai dengan si kecil.

  • Jangan lakukan kontak mata

Jika bunda melalukan kontak mata dengan si kecil saat terbangun, maka rasa kantuknya akan hilang.  Selain itu, untuk menidurkan si kecil akan lebih baik tidak melakukan kontak mata agar lebih cepat terlelap.

Juga kurangi interaksi seperti berbicara ataupun menyanyikan lagu favorit si kecil. Lebih baik tetap diam, boleh menatap bagian perut bayi saja dan tepuk punggungnya pelan hingga tertidur.

  • Bayi minum susu lebih awal

Tips berikutnya agar bayi lebih mudah tidur dan tidak terbangun lagi adalah dengan memberinya susu sebelum tidur. Setelah kenyang, bayi akan mengantuk dan bisa langsung tertidur.

Sesi menyusui dilakukan lebih awal sebelum jam tidur di mulai sekitar jam 10 hingga jam 12 malam. Jika hal ini tidak dilakukan dan bayi masih kelaparan, pasti akan terbangun lagi di tengah  malam. Hal ini tentu akan sangat merepotkan  orang tua.

  • Segera baringkan di tempat tidur

Jika bayi usianya masih 6  minggu sampai 12 minggu, maka tips menidurkan bayi yang rewel dengan efektif adalah dengan menggendongnya sampai mengantuk. Selanjutnya, boleh letakkan di atas tempat tidur. Hindari menunggu si kecil tertidur dalam gendongan, karena akan sulit memindahkannya. Lebih besar kemungkinan bayi terbangun kembali saat dipindahkan.

Cara ini juga berguna untuk mengajarkan si kecil bagaimana menenangkan diri sendiri saat sudah tidur. Si kecil pun bisa tahu dan memahami proses mengantuk hingga tertidur. Orang tua jangan mengacaukan tidur bayi dengan bersuara keras ataupun menutup pintu dengan bunyi keras. Jadi, melakukan apa pun harus pelan dan hati-hati.

Bahkan ini berguna agar bayi bisa tidur lebih cepat  sehingga bunda pun tak perlu memeluknya lagi. Jika terbangun di malam hari bayi dapat menenangkan dirinya sehingga kembali terlelap.

  • Tidur teratur sesuai usia

Berbeda usia si kecil berbeda juga durasi tidur dalam satu hari. Bayi yang sudah masuk 4 bulan, sudah bisa dilatih untuk tidur sendiri tanpa bantuan orang lain. Bunda latihlah si kecil dengan rutinitas jam teratur, kemudian jadwal yang terencana seharian penuh. Kesehatan bayi pun tak boleh dikecualikan karena berkaitan juga dengan kondisi bayi tidur.

Tips menidurkan bayi yang rewel di atas bisa dilakukan untuk bayi yang sulit tidur tetapi tidak memiliki masalah kesehatan. Sedangkan jika bayi demam, sulit bernapas ataupun ada kondisi buruk lainnya segera hubungi dokter.

Bubur Organik buat Bayi

Lalu jika bayi rewel karena perutnya lapar apalagi di malam hari, maka bisa disediakan ASI atau MPASI kalau sudah cukup umur. Bayi yang sudah dapat makan MPASI misalnya bubur penting untuk dipilihkan asupan yang bernutrisi.

Asupan yang bernutrisi akan membuat tumbuh kembang yang baik. Selain itu juga si kecil jadi lebih nyenyak tidur. Misalnya dengan pemberian bubur organik yang dibuat dari bahan alami seperti bubur ONIC FOOD. Bubur ini tersedia dengan 14 varian rasa enak yang memberikan nutrisi penting bagi bayi lewat kandungan sayur dan dagingnya. Beli saja di 40 outlet yang ada di seluruh Indonesia.

[Total: 1   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp