Blog

Tips Menidurkan Bayi yang Susah Tidur

Tips Menidurkan Bayi yang Susah Tidur – Bayi yang sulit tidur bukan saja merepotkan orang tua, namun juga tidak bagus untuk perkembangannya. Masalah bayi sulit tidur dialami oleh semua orang tua di dunia ini.

Tips Menidurkan Bayi yang Susah Tidur

Sebelum mengetahui bagaimana cara menidurkan bayi, akan lebih baik tahu dulu apa yang menyebabkan bayi tersebut kurang tidur. Tentu saja penyebab yang dialami berbeda dan berbeda pula cara mengatasinya seperti berikut ini.

Penyebab dan Tips Menidurkan Bayi yang Susah Tidur

  • Belum stabil ritme sikardian

Sebagian bayi memiliki jam biologis yang tidak stabil hal ini bukan masalah besar, sebab wajar saja karena bayi masih dalam proses perkembangan. Umumnya, bayi sudah memiliki jam biologis saat berusia 12 minggu, namun ada juga bayi yang membutuhkan waktu lebih lama untuk memiliki jam biologis ini.

Hal ini memang berkaitan dengan perkembangan fungsi tubuh si kecil. Sebagai orang tua dapat membantu si kecil beradaptasi serta membiasakan tidur dengan jam yang sesuai. Mulai dari membangunkan bayi dan menidurkannya di jam yang sama setiap harinya. Hal ini membuat si kecil tidur tepat waktu dan akan lebih mudah menemukan jam biologisnya.

Sebaiknya lampu kamar dipasang jangan terlalu terang di saat akan tidur malam sebagai tips menidurkan bayi yang susah tidur malam hari. Sebab cahaya yang terang akan menghalangi tubuh untuk memproduksi hormon melatonin. Sehingga seseorang sulit mengantuk.

  • Bayi merasa lapar

Ini  salah satu alasan yang sering terjadi penyebab bayi sulit tidur karena merasa lapar. Bayi yang usianya masih 18 bulan, boleh diberi makan setiap 4 jam sekali ataupun mengikuti permintaan si kecil. Meskipun begitu, bisa saja bayi akan merasa lapar di malam hari ataupun sebelum tidur. Boleh memberi makan kembali berupa susu ataupun asi.

Jika pertumbuhan tubuh si kecil sudah meningkat, akan lebih sering lagi si kecil merasa lapar. Maka, jangan lupa sediakan asi agar si kecil tidak kelaparan, bahkan mungkin perlu menyusui selama 2-3 jam sekali.

  • Mengajak bayi bermain saat akan tidur

Bayi yang diajak bermain akan larut dalam kesenangannya bermain sehingga tidak mau tidur meskipun sudah mengantuk, bahkan ada yang tidak merasa mengantuk. Bayi sangat mudah teralihkan dengan suara ataupun gerakan yang menarik perhatiannya.

Sehingga jika orang tua ingin si kecil tidur di waktu yang tepat, jangan mengajaknya bermain sebelum tidur. Selain itu, perlu diketahui bahwa telepon genggam pun bisa jadi pemicu bayi untuk terus terbangun. Karena smartphone memiliki gelombang warna biru yang mengganggu produksi hormon melatonin.

Sedangkan saat si kecil terbangun di malam hari, jangan langsung bunda bergerak untuk menenangkannya. Sebab jika terkena sentuhan  ataupun suara maka akan mengganggu si kecil untuk tidur lagi.

  • Bayi lelah

Jika bayi sudah sangat kelelahan rupanya akan mengganggu tidurnya. Berbeda dengan orang dewasa jika sudah lelah akan mudah tidur. Bayi akan menjadi sering rewel bahkan sering terbangun.

Lingkungan sekitar bayi yang terlalu ribut juga membuat si kecil susah tidur. Makanya saat bayi akan tidur hingga dia terlelap sangat penting menghindari kebisingan apa pun. Lingkungan yang tenang salah satu tips menidurkan bayi yang susah tidur dengan cepat.

Tips Atasi Bayi Sulit Tidur 

Mengatasi bayi susah tidur tidak semudah yang dibayangkan, pasalnya tidak semua bayi bisa langsung tidur saat bunda menidurkannya. Begitu juga jika dia terbangun dalam tidur, lebih sulit lagi. Namun, berikut ada beberapa tips yang mungkin memudahkan.

  • Berikan Benda Agar Bayi Menghisapnya

Langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu memberikan sesuatu agar si kecil dapat menghisapnya. Misalnya menghisap puting payudara bunda, ataupun menghisap dot serta jari si kecil.

Menghisap yang dilakukan bayi berguna menenangkan detak jantungnya, perut si kecil pun lebih lemas serta tangan dan kaki yang awalnya memberontak sedikit melemas. Jika si kecil biasanya minum susu botolan, maka berikan mainan yang lembut. Hal ini agar tidak merusak gigi si kecil. Selain itu, perhatikan juga untuk tidak mencelupkan dot ataupun mainan toothing ke dalam sesuatu yang manis.

  • Membedong Bayi

Cara selanjutnya untuk menidurkan bayi adalah dengan membedongnya. Hal ini karena saat bayi terbungkus selimut, akan lebih hangat sehingga si kecil lebih nyaman seolah seperti dalam kandungan. Bayi pun merasa lebih aman dan perlahan akan tertidur sendiri.

Bayi yang sudah dibungkus selimut, dekaplah ke dada. Namun juga sebagian bayi yang merasa bedongan terlalu konstriktif sehingga merespon dengan gerakan beirama ataupun menghisap dot.

Tubuh bayi digoyangkan ke kiri dan ke kanan secara perlahan, boleh ajak bayi ngobrol sambil menyanyikan lagu pengantar tidur. Jangan lupa belai punggung si kecil saat digendong dengan tegas dan berirama. Boleh juga meletakkan bayi dalam kereta dorong dan goyangkan dengan lembut.

  • Membaringkan Bayi dengan Posisi Menyamping

Ketika meletakkan di dalam kereta dorong ataupun sedang menggendong, coba posisikan bayi dalam keadaan berbaring miring dan bisa juga tengkurap sebagai tips menidurkan bayi yang susah tidur agar nyenyak. Hal ini agar bayi kembali merasakan sensasi dalam kandungan. Jika bayi sudah terlelap, baringkan lagi secara terlentang. Suhu kamar dijaga  agar selalu hangat dan boleh juga ajak bicara agar lebih menenangkan saat akan tidur.

  • Menciptakan White Noise

Saat masih dalam kandungan, si kecil dapat mendengar dan merasakan detak jantung bunda. Salah satu alasan mengapa bayi suka digendong karena detak jantung bunda terasa familiar baginya.

Nah, bunda dapat kembali menciptakan white noise ini  guna menenggelamkan suara yang lain. Misalnya dengan menyalakan vacum cleaner, pengering rambut, kipas angin  ataupun bisa juga dengan menggunakan suara statis radio.

Suara mesin yang mungkin tidak disukai orang dewasa, malah menjadi sesuatu yang menenangkan bagi bayi. Sehingga jika si kecil memangis dan mendengar white noise, bayi akan kembali terdiam.

White noise sama seperti suara yang didengarkan saat ia masih dalam kandungan. Saat ini file white noise bahkan sudah dapat diunduh di aplikasi tertentu.

  • Menghirup Udara Segar

Terkadang bayi yang menangis akan berhenti saat bunda membuka jendela ataupun pintu. Hal ini karena ada udara segar masuk, boleh juga bawa bayi jalan-jalan sebentar ke luar rumah.

  • Memberi Pijatan

Umumnya bayi senang terkena sentuhan sehingga memijat bayi adalah solusi yang bisa dicoba agar berhenti menangis. Pijatan yang teratur pun dapat mengurangi frekuensi tangisan si kecil. Tetapi jangan memijat saat si kecil sudah terlelap, akan lebih baik pijat saat ia masih terjaga.

Jika gerakan yang diberikan lembut maka bayi merasa nyaman. Pijatlah langsung menyentuh kulit, jadi bukalah dulu baju si kecil. Boleh juga pijat bersama minyak pijat khusus bayi. Ajaklah bayi berbincang seperti biasa dan jangan lupa tetap jaga suhu kamar tetap hangat. Jika bayi tidak suka selama dipijat misalnya menangis, maka hentikan pijatan.

  • Memberi makan

Faktor perut yang kosong juga bisa membuat bayi sulit tidur. Makanya Anda bisa memberikan asupan jika bayi tetap rewel karena butuh makan. Salah satunya melalui asupan bubur bayi organik dari ONIC FOOD. Bubur ini banyak daging dan sayurnya, selain itu rasanya juga enak. Apalagi dibuat dari bahan alami organik yang bebas MSG serta pengawet. Sehingga sangat cocok jika Anda ingin memberikan asupan bernutrisi yang aman bagi bayi.

Itulah beberapa tips menidurkan bayi yang susah tidur, semoga bisa dipraktikkan dengan baik.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp