Blog

Tips Merawat Bayi 0-3 Bulan

Tips Merawat Bayi 0-3 Bulan – Merawat si kecil yang berusia 0 hingga 3 bulan memang menjadi tantangan tersendiri untuk semua orang tua. Terutama untuk ibu yang masih baru pertama kali memiliki anak. Beberapa hal memang harus dilakukan sendiri ketika merawat si kecil. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat si kecil dengan baik dan benar.

Tips Merawat Bayi 0-3 Bulan

Cara atau Tips Merawat Bayi 0-3 Bulan Dengan Baik

  • Merawat dan menjaga kebersihan dari tali pusat

Biasanya si kecil yang baru lahir akan memiliki tali pusat yang masih basah. Namun Anda tidak perlu ragu atau khawatir karena tali pusat tersebut akan terlepas dan juga mengering sendiri saat si kecil sudah berusia 7 hari. Namun ada juga yang baru 10 sampai 14 hari tali pusatnya baru terlepas.

Selama itu Anda perlu merawatnya dengan baik dan benar. Cara untuk merawatnya juga tidak perlu menggunakan cairan apa pun. Anda hanya perlu menjaganya agar tetap kering dan bersih. Selain itu Anda juga tidak perlu harus membungkusnya.

Usahakan agar tali pusat tidak tertutupi dengan popok. Hal ini untuk mencegah agar tali pusat tidak basah atau lembap. Anda juga tidak perlu memaksa agar ali pusat bisa terlepas. Hal ini bisa menyebabkan infeksi dan juga pendarahan. Untuk itu perhatikan juga apakah tali pusat mengalami infeksi seperti mengalami kemerahan atau tidak.

  • Memantau perkembangan berat badannya

Untuk si kecil yang baru saja lahir, biasanya cairan yang ada dalam tubuhnya menjadi cepat hilang. Hal ini tentunya akan membuat berat badannya lebih berkurang dari saat ia lahir. Namun berat badan tersebut akan naik kembali setelah 5 hari. Kemudian di sepuluh hari selanjutnya si kecil akan kembali naik berat badannya seperti saat ia baru lahir.

Tips merawat bayi 0-3 bulan baru lahir adalah dengan selalu memantau perkembangan dari berat badannya. Apakah mengalami kenaikan atau turun secara drastis. Asupan makanan yang Anda berikan berupa bubur bayi organik juga bisa mempengaruhi perkembangan berat badannya.

  • Si kecil tidur dengan waktu yang cukup

Si kecil yang baru lahir biasanya bisa tidur dalam jangka waktu 18 hingga 20 jam dalam satu hari. Semakin bertambahnya usia maka jam tidur tersebut akan mulai berkurang dan terbentuklah pola tidur yang sesuai. Cara untuk merawat si kecil adalah dengan menidurkannya dengan alas rata dan juga tidak terlalu lembut.

Kemudian baringkan si kecil secara terlentang. Atur suasana kamar tidur senyaman mungkin seperti kondisi ruangan yang remang-remang hingga suhu kamar yang sejuk dan tidak terlalu panas atau dingin. Hindari menempatkan terlalu banyak benda seperti selimut atau boneka di sekelilingnya untuk menghindari si kecil yang kesulitan bergerak atau merasa sesak.

  • Memperhatikan tanda saat ia lapar

Bayi dengan usia 0 sampai 3 bulan masih berkomunikasi dengan cara menangis. Untuk itu perhatikan kapan waktu ia sering menangis. Bisa jadi hal tersebut adalah tanda bahwa si kecil merasa lapar. Selain itu si kecil yang lapar juga akan memasukkan tangannya ke dalam mulut dan juga mengeluarkan suara mengecap.

Tips merawat bayi 0-3 bulan dengan benar adalah Anda bisa segera memberikannya asi. Biasanya si kecil membutuhkan waktu 5 sampai 30 menit untuk menyusu.

Perkembangan Bayi Usia 0-3 Bulan yang Tidak Boleh Dilewatkan

Sebagai seorang orang tua, pastinya tidak ingin ketinggalan perkembangan buah hati. Baik dari hal yang sepele hingga hal yang besar. Hal ini karena perkembangan buah hati juga bisa menjadi tanda bahwa Anda sudah bisa merawat si kecil dengan baik dan benar. Selain itu hal tersebut juga menandakan bahwa si kecil tumbuh dengan baik.

  • Bayi usia 0

Bayi yang baru lahir sudah pasti hanya akan menangis saat merasakan sesuatu. Hal ini karena menangis hanyalah satu-satunya respons yang bisa diberikan. Bayi baru lahir akan memiliki kondisi kulit yang kemerahan dan juga keriput.

Bagian wajah dan juga mata akan bengkak dan hal ini sangatlah wajar untuk bayi yang lahir secara normal. Berbeda dengan bayi yang lahir secara cesar dimana kulitnya yang keriput karena terlalu lama terkena air ketuban.

Sedangkan untuk kemampuan refleksnya, bayi yang baru lahir bisa menggenggam, menghisap dan mencari puting. Kemampuan ini merupakan refleks ‘primitif’ yang bisa bayi baru lahir lakukan.

  • Bayi usia 1 bulan

Pada usia 1 bulan, si kecil biasanya akan lebih banyak tidur. Hal ini karena ia masih berusaha untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Selain itu ia juga masih belum bisa membedakan antara malam dan juga siang. Sehingga membuat si kecil lebih banyak tidur di siang hari sedangkan saat malam hari akan lebih banyak begadang.

Dalam usia tersebut mata si kecil masih belum memiliki pigmen mata yang sempurna. Hal ini membuat warna-warna yang mereka lihat masih sering berubah. Refleks gerakan yang sudah bisa ia rasakan pada usia 1 bulan ini adalah menangis saat lapar dan juga menggenggam jemari Anda. Oleh karena itu tips merawat bayi 0-3 bulan yang benar adalah dengan sesegera mungkin memberinya asi ketika ia menangis.

  • Bayi usia 2 bulan

Pada usia 2 bulan si kecil sudah mulai memiliki banyak perkembangan. Misalnya dengan bisa melihat secara lebih jauh. Selain itu ia sudah berani untuk mengambil barang atau benda yang ada di sekitarnya. Untuk itu pada usia ini akan sangat bagus jika si kecil bisa diberikan mainan untuk membantu menstimulasi gerakannya.

Salah satunya adalah mainan yang digantung di atas kepalanya untuk membuat si kecil berusaha meraihnya. Si kecil juga sudah mulai bisa menghisap jempolnya dan suka bermain dengan tangannya.

  • Bayi usia 3 bulan

Perkembangan si kecil yang sudah memasuki usia 3 bulan pastinya akan lebih banyak daripada sebelumnya. Si kecil sudah mulai bisa untuk mengenali suara dari sang ibu. Ia juga mulai belajar untuk bisa menggenggam mainannya lebih erat. Selain itu bagian kepalanya juga lebih kuat dimana ia bisa berusaha berguling ke kiri dan kanan dan menyangga kepalanya.

Dalam hal ini tips merawat bayi 0-3 bulan adalah dengan selalu memperhatikan dan mengawasi gerak geriknya. Hal ini dikarenakan si kecil bisa saja berusaha memasukkan benda yang ia genggam ke dalam mulut jika tidak diawasi.

Tips Memberikan Asupan Bernutrisi Bagi Bayi

Selain tips di atas, jika bayi sudah bisa menerima MPASI, maka Anda harus merawatnya dengan memberikan asupan bernutrisi. Misalnya melalui pemberian bubur organik berkualitas. Kenapa?

Sebab dibandingkan bubur biasa yang banyak MSG dan pengawet, bubur organik jauh lebih bernutrisi dan menyehatkan bagi bayi. Bubur organik ONIC salah satu produk yang dapat diberikan. Karena produk ini mengandung gizi seimbang dalam kemasan praktis yang aman dan halal untuk diberikan pada si kecil.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp