Blog

Tips Merawat Bayi 0-6 Bulan

Tips Merawat Bayi 0-6 Bulan – Seorang ibu yang baru pertama kali memiliki anak atau bayi biasanya akan merasa kebingungan saat merawat si kecil dengan cara yang baik dan benar. Selain itu banyak juga yang tidak menyadari apakah hal yang dilakukan tersebut benar atau salah.

Tips Merawat Bayi 0-6 Bulan

Padahal si kecil yang masih berusia kurang dari 6 bulan harus dirawat dengan cara yang benar karena tubuhnya masih sangat sensitif. Oleh karena itu berikut adalah beberapa hal yang harus Anda hindari saat merawat si kecil yang masih berusia kurang dari 6 bulan.

Hal yang Perlu Dihindari Saat Merawat Bayi 0-6 Bulan

  • Bayi sampai tertidur dengan menggunakan botol

Hal yang pertama perlu Anda hindari adalah membiarkan si kecil yang tertidur sambil menggunakan botol. Mungkin Anda memberikan si kecil susu formula dengan menggunakan botol, namun beberapa ibu mungkin lupa untuk melepaskan botolnya sehingga si kecil tertidur dengan posisi yang masih menggunakan botol di mulutnya. Hal ini harusnya dihindari karena bisa menyebabkan si kecil yang tersedak saat tidur sambil minum susu. Selain itu juga lebih baik jika menggunakan asi daripada susu formula.

  • Menenangkan si kecil yang menangis dengan kasar

Bayi yang berusia masih 0-6 bulan biasanya akan menangis untuk mengekspresikan rasa yang ia alami. Salah satunya saat ia lapar atau mengantuk. Namun beberapa orang tua mungkin menenangkan si kecil yang sedang menangis dengan cara yang kurang baik. Misalnya dengan kasar atau menggoyang-goyangkannya secara keras.

Tips merawat bayi 0-6 bulan baru lahir adalah dengan tidak melakukan hal tersebut. Dikarenakan si kecil masih memiliki organ dalam yang masih rentan dengan kerusakan. Untuk itu lebih baik jika Anda menenangkannya dengan cara mengayunkannya atau menggendong si kecil dengan lembut.

  • Bayi yang tidur dengan posisi yang salah

Posisi tidur si kecil yang salah juga bisa menyebabkan ia yang menjadi kesulitan untuk bernafas. Hal ini karena bayi yang berusia 6 bulan kurang dibiarkan tidur dalam keadaan yang tengkurap. Padahal posisi ini masih belum aman untuk bayi berusia 6 bulan ke bawah. Si kecil akan kesulitan untuk bernafas. Hal ini jika dilakukan secara berlanjut bisa menyebabkan kematian.

  • Memberikan air putih

Air putih memang bagus untuk tubuh, namun untuk si kecil yang masih kurang dari 6 bulan sebaiknya tidak diberikan terlalu banyak. Dikarenakan organ pencernaannya masih belum sempurna. Akibatnya bisa menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit yang ada dalam tubuhnya.

Selain itu juga bisa membuat si kecil menjadi mengalami masalah pencernaan. Tips merawat bayi 0-6 bulan dengan benar adalah memberikan nutrisi dan makanan yang sesuai dengan usianya.

  • Membiarkan si kecil menangis

Menangis adalah hal yang sangat wajar untuk si kecil. Hal ini karena cara si kecil untuk berkomunikasi hanya dengan menangis saja. Si kecil yang menangis bisa menjadi berbagai macam tanda.

Misalnya ia merasa kurang nyaman, mengantuk, gelisah atau lapar. Untuk itu jangan biarkan si kecil menangis terlalu lama. Hal ini karena si kecil yang terlalu lama dibiarkan menangis bisa menyebabkan si kecil yang tuli dan trauma. Jika si kecil memang lapar maka segera berikan asi atau bubur bayi organik dalam kemasan yang lebih cepat dan praktis.

Cara atau Tips Merawat Bayi 0-6 Bulan

Bayi dengan usia di bawah 6 bulan masih memiliki tubuh yang sangat sensitif dan juga rentan. Hal inilah yang menyebabkan si kecil harus dirawat dengan baik dan juga secara hati-hati. Berikut adalah beberapa cara untuk merawat si kecil dengan benar:

  • Merawat tali pusar

Bayi yang baru lahir biasanya tali pusarnya akan masih menempel dan baru terlepas saat berusia 7 hingga 14 hari. Selama itu Anda wajib untuk merawatnya dengan baik agar tetap aman dan bersih.

Caranya dengan menggunakan perban. Buka perban yang sebelumnya Anda gunakan untuk membungkus tali pusar, kemudian bersihkan sekeliling bagian pangkal tali pusarnya menggunakan cotton bud.

Cotton bud tersebu sudah dicelupkan dengan larutan alkohol 70%. Penggunaan alkohol tersebut agar tidak ada bakteri atau kuman yang menempel. Setelah itu ganti kasa dengan yang bersih dan lilitkan kembali pada tali pusarnya. Akan lebih baik jika Anda menjaga kebersihan tali pusarnya agar tetap kering dan bersih.

  • Membersihkan telinga

Bagian telinga kadang lupa untuk dibersihkan setelah mandi. Padahal bagian ini juga penting agar tetap bersih dan sehat. Tips merawat bayi 0-6 bulan yang benar untuk bagian telinga adalah dengan menggunakan cotton bud.

Oleskan baby oil pada cotton bud dan bersihkan telinga si kecil secara perlahan pada bagian daun telinga. Kemudian bersihkan atau lap dengan kain bersih yang lembut secara hati-hati.

  • Memandikan si kecil

Memandikan si kecil juga harus dilakukan dengan hati-hati. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dan tidak boleh Anda lakukan saat memandikan si kecil:

  • Gunakan air hangat dengan suhu sekitar 29 derajat Celsius dan banyaknya air sekitar 5 sampai 8 cm tingginya saat menggunakan bak mandi.
  • Lebih baik memandikan si kecil dengan keadaan yang tidak berangin dan tidak dingin.
  • Gunakan perlengkapan mandi yang dibuat khusus untuk bayi dimana kadar pHnya sesuai. Seperti sabun dan sampo.
  • Kemudian gunakan handuk, bedak, lotion, baju yang memang khusus untuk bayi dan membuatnya nyaman.
  • Hindari meninggalkan si kecil sendirian saat mandi.
  • Jika si kecil sudah bisa menggenggam sesuatu, Anda bisa menambahkan mainan karet seperti bebek karet untuk membantunya tenang saat mandi.
  • Setelah mandi bungkus badan si kecil dengan handuk yang lembut agar merasa hangat. Anda juga bisa memberikan minyak telon untuk menambah kehangatan tubuhnya dan juga merasa nyaman.
  • Membersihkan hidung

Untuk membersihkan bagian hidungnya juga sama dengan cara membersihkan telinga. Hanya saja cotton bud tersebut dicelupkan pada air hangat. Putar secara perlahan cotton bud pada hidung si kecil. Pastikan Anda tidak memasukkannya terlalu dalam agar si kecil tidak merasa kesakitan dan menangis.

  • Membersihkan bagian mata

Tips merawat bayi 0-6 bulan untuk membersihkan matanya adalah dengan menggunakan kapas yang sudah digulung dan dibasahi dengan air hangat. Kemudian gerakkan kapas tersebut dari arah dalam kelopak matanya hingga bagian ujung luar. Untuk bagian mata yang satunya gunakan kapas yang berbeda dan masih bersih.

Bubur Bayi Organik MalangBubur Bayi Organik Malang

Bubur Organik untuk Asupan Sehat Bayi

Jika bayi Anda sudah cukup umur untuk menerima MPASI, maka Anda bisa memberikannya bubur organik. Lewat bubur ini maka kecukupan nutrisi bayi dapat terpenuhi. Salah satunya melalui produk bubur dari bahan-bahan organik buatan ONIC FOOD.

Bubur ini menawarkan banyak kelebihan seperti:

  • Rasanya yang enak tersedia 14 varian rasa sendiri
  • Kemasan yang praktis dan mudah serta cepat dibuat
  • Banyak daging dan sayur
  • Mengandung nutrisi penting bagi bayi
  • Mudah ditemukan sebab sudah tersedia secara online dan offline

Jangan tunggu bayi lapar, silakan berikan MPASI di jam-jam makannya agar bayi juga tidak mudah rewel.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp