Blog

Tips Merawat Bayi 1 Bulan

Tips Merawat Bayi 1 Bulan – Merawat bayi yang baru saja berusia 1 bulan memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Hal ini karena pada usia tersebut si kecil masih belum memiliki tubuh yang benar-benar sempurna. Baik untuk fisik hingga organ bagian dalamnya. Untuk itu memang perlu dilakukan perawatan dengan hati-hati. Berikut adalah beberapa tips atau cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat si kecil yang masih berusia 1 bulan.

Tips Merawat Bayi 1 Bulan

Cara atau Tips Merawat Bayi 1 Bulan

  • Cara bayi untuk tidur

Bayi yang baru saja lahir hingga menginjak usia setidaknya 1 bulan, biasanya membutuhkan waktu untuk tidur selama 20 jam. Namun tidak secara langsung atau sekaligus. Waktu tidurnya bisa 20 menit hingga 4 jam. Beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk bayi yang ingin tidur adalah usahakan untuk membuat keadaan kamarnya yang nyaman. Misalnya dengan mengatur keadaan kamar yang tidak terlalu panas atau dingin. Suhu yang cocok untuk digunakan adalah 21 hingga 23 derajat Celsius.

Selain itu posisikan tidurnya yang terlentang. Hal ini bertujuan untuk menghindari bayi yang terkena sindrom kematian mendadak. Gunakan juga kasur atau alas tidur yang rata. Untuk membuatnya bisa tidur dengan lebih nyaman.

  • Cara memandikan bayi

Selanjutnya adalah cara untuk memandikan bayi. Jika si kecil masih memiliki tali pusar yang belum terlepas, maka lebih baik Anda memandikannya dengan cara mengelapnya menggunakan kain bersih yang sudah dibasahi dengan air panas. Hal ini karena tali pusar harus tetap dalam keadaan yang kering. Namun jika tali pusarnya sudah terlepas maka Anda bisa memandikannya menggunakan air hangat secara langsung.

Tips merawat bayi 1 bulan dengan benar adalah gunakan air yang tidak terlalu panas. Banyaknya jumlah air juga tidak harus merendam seluruh bagian tubuh si kecil. Anda menggunakan air secukupnya saja. Selain itu hindari untuk memandikan si kecil terlalu pagi atau sore. Tujuannya agar si kecil tidak terlalu kedinginan. Gunakan juga sampo atau sabun yang khusus dibuat untuk kulit bayi. Sabun dan sampo tersebut sudah disesuaikan pH-nya dengan kulit bayi yang masih sensitif.

  • Mengenali saat si kecil lapar

Bayi yang baru berusia 1 bulan ketika lapar biasanya hanya bisa menangis saja. Hal ini perlu Anda ketahui karena saat si kecil menangis bisa saja ia memang sangat lapar. Namun selain itu si kecil juga bisa menunjukkan tanda lainnya seperti memasukkan tangannya ke dalam mulut, mengecap-ngecap dan lainnya. Hindari untuk menunggu si kecil menangis terlebih dulu. Terutama saat sudah memasuki jam makannya.

Waktu yang normal untuk si kecil minum susu biasanya sekitar 5 sampai 30 menit. Bayi lebih baik diberikan ASI secara langsung karena untuk membantu perkembangan tubuhnya. Anda juga bisa memberikan bubur bayi organik jika memang sudah boleh atau waktunya. Namun jika Anda terpaksa tidak bisa menyusuinya secara langsung, maka lebih baik jika Anda memerasnya dan menggunakan botol. Sebisa mungkin untuk memberikan ASI eksklusif untuk bayi sampai berusia setidaknya 6 bulan.

  • Pakaian yang digunakan

Tips merawat bayi 1 bulan yang benar selanjutnya adalah dengan memberikan pakaian yang nyaman untuk digunakan si kecil. pakaian tersebut hendaknya bisa menyerap keringat, tidak panas dan juga bisa memberikan suhu yang dingin untuk si kecil.

Bahan pakaian yang cocok adalah terbuat dari bahan katun. Ketika Anda membeli pakaian untuk si kecil, pastikan jika ia bisa mengenakannya dengan nyaman dan juga mudah. Hal ini dikarenakan ada jenis bahan pakaian tertentu yang bisa menyebabkan tubuh si kecil menjadi alergi karena tidak cocok dengan bahannya.

  • Membersihkan telinga dan mata

Kebersihan mata dan juga telinga si kecil adalah hal yang juga harus diperhatikan. Jangan sampai walaupun Anda sudah memandikannya tapi bagian tubuhnya yang lain masih kotor. Cara untuk membersihkan bagian telinganya adalah dengan menggunakan cotton bud dan juga baby oil.

Basahi cotton bud dengan baby oil kemudian usapkan pada daun telinga si kecil dengan hati-hati. Sedangkan untuk bagian matanya, Anda hanya perlu menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan air hangat. Kemudian sapukan atau usapkan pada bagian luar hingga dalam kelopak matanya.

Tanda Perkembangan Pada Bayi 1 Bulan

Si kecil yang sudah berusia 1 bulan perlu untuk selalu dilihat perkembangannya. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mengetahui seberapa bagus dan baiknya perkembangan si kecil. Nantinya Anda juga bisa memberikan nutrisi yang cocok sesuai dengan tingkat perkembangannya. Berikut ciri yang bisa dilihat:

  • Semakin sering menyusu

Perkembangan bayi yang sudah berusia 1 bulan adalah lebih sering untuk menyusu. Hal ini dikarenakan lambung si kecil yang sudah mulai berkembang sehingga membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak juga. Jadi akan sangat wajar jika si kecil lebih cepat lapar dan selalu ingin menyusu. Tips merawat bayi 1 bulan dengan baik adalah segera memberikannya susu atau ASI sesuai dengan kebutuhannya.

  • Koordinasi mata, tangan dan kakinya semakin baik

Bayi yang sudah berusia 1 bulan akan mengalami perkembangan dalam sensorik dan juga motoriknya semakin bagus. Contohnya seperti tangannya sudah mulai bisa menggenggam bola menggunakan tangan dengan lebih kuat. Selain itu bagian matanya juga sudah meningkat dalam hal ini adalah penglihatannya.

Si kecil akan lebih peka dengan adanya sinar atau cahaya yang ditunjukkan dengan bola matanya yang mengikuti arah cahaya. Untuk semakin menambah kemampuan motorik dan juga sensoriknya, Anda bisa menggunakan mainan berwarna-warni yang digantung di atas kepalanya.

  • Indra pendengaran dan penciumannya yang semakin baik

Perkembangan selanjutnya yang dialami bayi berusia 1 bulan adalah indra pendengaran dan juga penciumannya lebih baik. Hal ini ditandai dengan si kecil yang sudah mulai bisa menoleh ke arah sumber suara ketika Anda memanggilnya. Si kecil juga akan lebih bisa mengetahui atau mengenali bau dari sang ibu ketika ada di dekatnya atau tidak.

  • Waktu tidurnya yang semakin berkurang

Selanjutnya adalah waktu tidur si kecil yang sudah mulai berkurang. Akibatnya di siang hari ia akan lebih banyak melakukan aktivitas seperti bermain atau menyusu. Hal ini tentunya juga membuat waktu terbangunnya di malam hari akan lebih jarang. Si kecil yang banyak beraktivitas di pagi atau siang hari akan kelelahan sehingga pada malam hari ia bisa tidur lebih nyenyak.

Jual Bubur Dari Bahan Organik Bebas MSG

Bayi 1 bulan mungkin belum bisa diberi MPASI, namun jika sudah cukup umur maka pemberian MPASI dari bahan organik sangat disarankan. Hal ini karena bubur organik jauh lebih bernutrisi dibanding bubur biasa dengan pengawet dan MSG.

Bubur Bayi Organik di Indonesia

Bubur ONIC tersedia di seluruh 40 outlet ONIC di Indonesia yang menyediakan kemasan bubur organik instant yang simpel dan cepat dimasak. Jika Anda niat memberikan asupan anak Anda MPASI yang aman, halal dan enak maka bubur ini jadi pilihan terbaik.

Itulah tips merawat bayi 1 bulan dan seterusnya agar anak Anda bisa tumbuh sehat dan kuat. Semoga bermanfaat.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp