Blog

Tips Merawat Bayi 2 Bulan

Tips Merawat Bayi 2 Bulan – Si kecil yang masih berusia 2 bulan hendaknya bisa dirawat dengan baik dan benar. Hal ini karena si kecil masih memiliki tubuh yang belum benar-benar kuat. Terlebih lagi untuk organ dalamnya yang masih dalam tahap perkembangan.

Tips Merawat Bayi 2 Bulan

Oleh karena itu memang lebih baik untuk memberikan yang terbaik ketika Anda merawatnya. Ada berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan untuk merawatnya. Hanya saja tidak semua cara tersebut benar. Untuk itu berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat si kecil dengan benar.

Tips Merawat Bayi 2 Bulan agar Tumbuh Kembangnya Baik

  • Berikan waktu tidur yang lama

Waktu tidur bayi yang sangat lama memang adalah hal yang wajar. Hal ini akan berkurang seiring dengan berjalannya waktu dan usia si kecil. Untuk bayi yang berusia 2 bulan dalam satu hari biasanya membutuhkan waktu untuk tidur sekitar 9 jam atau lebih.

Di siang hari si kecil akan tidur dengan durasi sekitar 3 sampai 4 jam. Untuk itu salah satu tips merawat si kecil yang berusia 2 bulan adalah dengan memberikannya waktu tidur yang sesuai. Jangan sampai karena terlalu asyik bermain sehingga mengabaikan jam tidurnya.

  • Meningkatkan kebutuhan makannya

Tips merawat bayi 2 bulan dengan benar selanjutnya adalah dengan meningkatkan kebutuhan untuk makannya. Si kecil yang baru berusia 2 bulan ketika lapar hanya bisa menunjukkannya saat menangis. Hal ini tentunya perlu Anda perhatikan karena jangan sampai si kecil terlalu lama menangis.

Selain itu pada usia tersebut ia juga sudah sangat aktif, untuk itu demi menggantikan energinya yang hilang lebih baik Anda meningkatkan kebutuhan makannya. Perhatikan mengenai waktu makannya. Coba untuk memberikan si kecil tidak hanya di satu sisi payudara namun juga bergantian. Jika si kecil sudah memasuki usia lebih dari 6 bulan maka Anda bisa menggunakan bubur bayi organik dalam kemasan yang lebih praktis.

  • Mendorong perkembangannya

Mendorong perkembangan tubuhnya juga menjadi salah satu cara untuk merawat si kecil dengan baik. Si kecil yang sudah berusia 2 bulan biasanya mengalami perkembangan seperti sudah pasti menggenggam dengan baik, bisa membedakan cahaya hingga memasukkan jari ke dalam mulut.

Untuk membantu menambah perkembangan tersebut, Anda bisa mencoba untuk memberikannya mainan yang digantung di atas kepalanya. Sedangkan untuk perkembangan sensorisnya coba berikan mainan yang bisa ia genggam dengan lembut seperti squisy.

  • Selalu mengajaknya imunisasi

Tips merawat bayi 2 bulan dengan imunisasi adalah hal yang penting. Hal ini karena ketika si kecil melakukan imunisasi, maka Anda akan bisa lebih mudah untuk mengatur dan mengawasi perkembangannya.

Selain itu pada saat imunisasi si kecil biasanya akan diberikan suntikan vitamin atau yang lainnya untuk membantu perkembangannya. Jadi memang jangan sampai lupa untuk membawa si kecil imunisasi dengan rutin.

  • Menenangkan bayi saat menangis

Si kecil yang berusia 2 bulan memang hanya akan menangis untuk meluapkan atau mengekspresikan perasaannya. Namun memang ada beberapa sebab mengapa ia menangis. Misalnya karena merasa kesepian, lapar, atau popoknya yang penuh.

Dalam hal ini penting untuk mengetahui sebab mengapa ia bisa menangis. Jika si kecil menangis maka tenangkan terlebih dahulu. Kemudian baru selesaikan penyebab ia menangis. Misalnya memberinya ASI saat masuk waktu makannya.

Jenis Imunisasi untuk Bayi Usia 2 Bulan

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa imunisasi adalah hal yang penting untuk bayi berusia 2 bulan. Hal ini karena si kecil akan mendapatkan suntikan beberapa vitamin atau anti virus yang berguna untuk menjaga kesehatannya. Berikut adalah beberapa jenis imunisasi yang diberikan untuk si kecil:

  • Rotavirus

Jenis suntikan imunisasi yang pertama adalah rotavirus. Tujuan dari pemberian imunisasi ini adalah untuk mencegah agar si kecil tidak terkena penyakit yang bisa disebabkan oleh rotavirus.

Misalnya si kecil mengalami dehidrasi berat karena diare. Bahkan hal ini juga bisa menyebabkan kematian. Pemberian dosis imunisasi ini tidak secara langsung. Si kecil akan diberikan 2 dosis pertama saat berusia 6 sampai 14 minggu. Sedangkan dosis kedua akan diberikan dengan jarak 4 minggu dari dosis yang pertama.

  • Vaksin hib

Tips merawat bayi 2 bulan di rumah selanjutnya adalah dengan memberikannya vaksin Hib. Jenis vaksin ini berguna untuk melindungi si kecil dari bakteri seperti pneumonia, meningitis dan juga epiglotis. Vaksin Hib ini diberikan tidak hanya satu kali, melainkan secara bertahap. Bayi akan mulai diberikan vaksin ini saat ia berusia 2 hingga 4 bulan. Sedangkan untuk booster-nya akan diberikan saat berusia 15 sampai 18 bulan.

  • DTP

DTP atau Difteri, Tetanus dan Pertusis paling cepat diberikan pada bayi yang telah mencapai usia 6 minggu. Bisa diberikan dalam bentuk vaksin DTPa atau DTPw. Beda vaksin ini ada pada komponen antigennya.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, vaksin DTPw sendiri isinya sel bakteri pertusis utuh yang bisa juga termasuk antigen yang sebenarnya tak diperlukan sehingga kadang bisa menimbulkan risiko bengkak, panas, hingga merah dan nyeri di tempat suntikan.

Sementara untuk jenis vaksin DTPa diisi oleh bakteri pertusis yang tidak utuh sehingga amat jarang membawa risiko berupa reaksi-reaksi seperti di atas. Itulah sebabnya vaksin kedua ini harganya bisa lebih mahal daripada vaksin pertama.

  • Polio

Pada bayi usia 2 bulan, bayi tersebut perlu mendapatkan jenis imunisasi polio tetes. Imunisasi ini dapat berlangsung hingga bayi pada usia empat bulan untuk mencegah bayi terkena penyakit lumpuh kayu. Setelah bayi mendapatkan imunisasi polio tetes, bayi selanjutnya akan mendapatkan imunisasi lagi yaitu polio suntik yang akan diberikan satu kali pada bayi usia empat bulan, ini agar membentuk kekebalan si bayi semakin sempurna.

  • PCV

Imunisasi PCV atau bisa disebut pneumokokus adalah salah satu jenis imunisasi yang dapat melindungi tubuh bayi agar terhindar dari infeksi bakteri pneumokokus. Infeksi ini biasanya disebabkan oleh bakteri Streptococcus pneumoniae yang dapat memicu penyakit pneumonia, meningitis serta septikemia.

Bahkan dapat menyebabkan kerusakan permanen pada otak dan kematian. Bahkan beberapa kasus tertentu sangat parah. Bayi kurang dari dua tahun perlu mendapatkan 4dosis vaksin PCV. Empat dosis yang biasanya diberikan adalah pada bayi umur 2 bulan, 4 bulan, dan 6 bulan, serta pemberian booster antara 12-15 bulan.

Bubur Organik Tahan Berapa Jam

Asupan Nutrisi Bagi Bayi yang Bagus

Untuk tips merawat bayi 2 bulan lainnya setelah mereka cukup usia untuk menerima MPASI, maka Anda dapat memberikan bubur organik. Misalnya produk bubur dari ONIC yang dibuat dari bahan-bahan alami dengan banyak daging serta sayur.

Bubur ini bergizi dan sehat bagi bayi sebab bebas MSG serta pengawet. Selain itu juga dikemas secara praktis dalam kemasan pouch. Ditawarkan dengan 14 macam pilihan rasa berbeda yang pastinya akan disukai oleh si kecil!

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp