Blog

Tips Merawat Bayi 3 Bulan

Tips Merawat Bayi 3 Bulan – Pada usia 3 bulan, si kecil pasti akan mengalami berbagai macam perkembangan yang lebih signifikan dibandingkan usianya sebelumnya. Hal ini menyebabkan cara untuk merawatnya juga harus berbeda dengan sebelumnya.

Tips Merawat Bayi 3 Bulan

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dengan lebih untuk membantu tumbuh kembangnya agar tetap bisa berjalan dengan baik. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat si kecil yang berusia 3 bulan.

Tips Merawat Bayi 3 Bulan Agar Tumbuh Kembangnya Baik

  • Memberikan ASI sebagai asupan gizi utama

Pertama yang perlu Anda lakukan adalah memberikan si kecil asupan berupa ASI sebagai nutrisinya yang utama. Pada usia tersebut si kecil masih sangat membutuhkan asupan nutrisi yang baik untuk membantu tumbuh kembangnya. Hal ini juga berlaku untuk si kecil yang masih berusia 3 bulan.

Asupan gizi dan juga nutrisinya hanya berasal dari ASI saja. Untuk itu lebih baik Anda tetap memberikan ASI secara eksklusif pada si kecil hingga ia berusia 6 bulan. Namun selain itu penting juga bagi Anda selalu menjaga pola makan yang teratur dan sehat karena hal tersebut bisa berpengaruh pada kualitas dan juga kuantitas dari ASI yang Anda berikan pada si kecil. Jika sudah berusia lebih dari 6 bulan maka Anda bisa mulai memberikan bubur bayi organik.

  • Memperhatikan perkembangan si kecil

Tips merawat bayi 3 bulan untuk ibu adalah dengan selalu memperhatikan bagaimana perkembangan si kecil. Hal ini karena ketika Anda memperhatikan perkembangan pertumbuhannya maka nantinya Anda juga bisa memberikan cara yang tepat dalam merawatnya.

Misalnya si kecil yang sudah mulai menggerakkan kepalanya atau tangannya, maka cobalah untuk mengasahnya dengan memberikan mainan yang bisa meningkatkan sistem motorik dan juga sensoriknya.

  • Menjaga kesehatan dan kebersihan tubuhnya

Si kecil yang baru berusia 3 bulan masih sama halnya dengan bayi yang baru lahir. Dimana masih memiliki tubuh yang rentan terkena masalah kesehatan. Hal tersebut membuat Anda harus bisa menyingkirkan hal-hal yang bisa menyebabkan kesehatan si kecil menjadi menurun.

Salah satu yang bisa Anda lakukan untuk selalu menjaga kesehatannya adalah dengan membawa si kecil rutin melakukan imunisasi. Tujuannya agar ia mendapatkan vitamin dan juga antivirus yang berguna mencegahnya terkena penyakit tertentu. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebersihannya dengan rutin mengganti popok dan memandikannya.

  • Mengatur pola tidurnya

Bayi dengan usia 3 bulan biasanya masih memiliki jam tidur yang lama, yaitu sekitar 12 sampai 18 jam dalam satu hari. Hal ini memanglah wajar karena si kecil masih menyesuaikan pola tidurnya. Selain itu waktu tidur ini juga akan berkurang seiring bertambahnya usia. Akan tetapi jika sudah memasuki usia 3 bulan maka cara untuk tidurnya akan lebih tenang karena sistem pencernaannya yang sudah bisa bekerja dengan baik.

Pada usia ini si kecil juga sudah mulai aktif dalam bergerak. Akibatnya kebanyakan waktu tidurnya menjadi berkurang karena terlalu asyik saat bermain. Tips merawat bayi 3 bulan dengan benar adalah Anda perlu mengatur pola tidur tersebut dan tetap menerapkan jadwal tidur yang seharusnya dimana si kecil harus beristirahat dan tidur di siang hari.

  • Selalu melakukan interaksi dengan si kecil

Berinteraksi dengan si kecil juga bisa menjadi salah satu cara untuk merawatnya. Pada usia ini si kecil sudah bisa berkomunikasi dengan sang ibu. Tentunya hal ini harus selalu diterapkan atau dilatih secara terus menerus.

Tujuannya agar perkembangan sensor motorik dan sensoriknya bisa berkembang dengan baik sesuai dengan usianya. Selain itu hal ini juga bagus untuk melatih hubungan emosional antara ibu dengan anak.

Perkembangan Pada Bayi Usia 3 Bulan

  • Sudah bisa berkomunikasi

Si kecil yang sudah berusia 3 bulan akan bisa untuk berkomunikasi dengan orang yang ada di sekitarnya. Komunikasi tersebut tidak hanya dengan memandang atau memperhatikan asal suara namun si kecil sudah bisa menanggapinya dengan cara mengoceh.

Anda bisa mencoba selalu mengajaknya berbicara atau berkomunikasi dengan si kecil untuk membantu perkembangannya. Bahkan ada penelitian yang mengatakan bahwa dengan mengajaknya bicara bisa membantu meningkatkan IQ-nya saat besar nanti.

  • Berguling dengan mudah

Si kecil juga sudah bisa berguling pada usianya yang 3 bulan. Pada usia tersebut si kecil sudah bisa menegakkan kepalanya karena otot lehernya yang sudah semakin kuat. Hal ini membuat tips merawat bayi 3 bulan pertama lebih mudah karena Anda sudah bisa menggendong si kecil dengan berbagai posisi yang lebih aman.

Coba untuk menggendongnya dengan posisi kakinya yang menyentuh lantai. Dengan begitu kakinya akan menendang dengan keras sehingga bagus untuk membantunya melatih kekuatan otot kaki.

  • Sudah bisa mengenali suara

Si kecil yang berusia 3 bulan sudah mulai bisa untuk lebih peka dan juga menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Hal ini karena syarafnya yang ada diotak sudah bisa untuk mengoordinasikan indranya agar berkembang dengan lebih baik. Selain itu si kecil juga akan lebih peka terhadap bau dan juga suara yang ada pada lingkungan di sekitarnya.

Salah satu contohnya yang bisa Anda lihat adalah ketertarikan si kecil saat melihat bayangannya sendiri pada cermin. Selain itu Anda juga bisa mencoba untuk memberinya berbagai macam sentuhan seperti kasar dan halus. Pada saat si kecil mendengar  suara Anda, ia juga akan lebih bisa meresponsnya dengan cara menoleh atau mencari sumber suara.

  • Sudah bisa memilih kesukaannya

Pada usia 3 bulan si kecil sudah bisa untuk memahami mana yang keluarga dekatnya dan mana yang orang lain. Hal ini akan ditunjukkan dengan si kecil memberikan responsnya hanya pada orang dekat tersebut. Seperti tersenyum atau menoleh. Selain itu si kecil juga sudah mulai menyukai dengan adanya sentuhan atau aktivitas yang mengajaknya untuk berinteraksi.

Misalnya seperti Anda yang memijat tubuhnya atau bermain menggunakan mainan. Selain itu si kecil juga sudah bisa memilih jenis mainan mana yang lebih ia sukai seperti mainan dengan warna yang terang atau dengan suara.

Merawat si kecil dengan usia 3 bulan memang gampang-gampang susah. Hal ini karena ada beberapa hal yang harus Anda lakukan agar ia bisa sesuai dengan pertumbuhan tubuhnya. Untuk itu tips merawat bayi 3 bulan perlu Anda lakukan dengan baik agar bisa sesuai dengan pertumbuhannya.

Cara Pesan Bubur Organik Sehat Bagi Bayi

Kalau Anda ingin menemukan bubur organik yang sehat bagi bayi, maka cukup beli bubur organik ONIC yang bebas MSG dan pengawet. Cara mendapatkan atau pesannya amat mudah, Anda tinggal menghubungi 0821 2524 3680 atau email info@buburorganik.co.id.

Untuk pemesanan offline, Anda bisa menemukan 40 outlets bubur organik ONIC yang sudah tersebar di seluruh Indonesia. Mudah, bukan? Tunggu apalagi? Apalagi bubur ini terbuat dari bahan alami yang bernutrisi.

[Total: 5 Average: 5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp