Blog

Tips Merawat Bayi 4 Bulan

Tips Merawat Bayi 4 Bulan – Setiap anak saat mulai bertambah umur akan membutuhkan pola pengasuhan yang berbeda-beda. Untuk si kecil yang baru saja lahir, pastinya cara untuk merawatnya berbeda dengan si kecil yang berusia 4 bulan atau lebih.

Tips Merawat Bayi 4 Bulan

Hal ini karena mereka memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Jadi akankah lebih baik jika Anda bisa merawat si kecil sesuai dengan usianya. Tujuannya untuk membantu si kecil agar lebih bisa mendapatkan kebutuhannya sesuai dengan usianya tersebut.

Berikut adalah beberapa tips atau cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat si kecil.

Tips Merawat Bayi 4 Bulan Agar Tumbuh Kembangnya Baik

  • Melihat perkembangan berat badannya

Cara pertama yang perlu Anda perhatikan adalah mengenai perkembangan berat badannya. Bayi yang baru saja lahir biasanya akan kehilangan berat badannya sekitar 1/10 dari berat badan awalnya. Hal ini dikarenakan pada 5 hari pertama, si kecil akan kehilangan cairan.

Namun Anda tidak perlu repot karena berat badan tersebut akan kembali naik dan seperti semula mulai dari hari kesepuluh. Bahkan berat badan tersebut juga bisa bertambah hingga 2 kali lipat dibandingkan dengan berat badannya awal.

Hal ini akan terjadi saat si kecil sudah mulai masuk usia 5 bulan. Berat badan si kecil ini perlu untuk Anda ketahui perkembangannya. Tujuannya agar nantinya si kecil tetap terjaga kesehatan dan juga kebutuhan nutrisinya.

  • Kebutuhan untuk ASI

Tips merawat bayi 4 bulan dengan benar yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah memperhatikan mengenai kebutuhan bayinya. Untuk si kecil yang berusia 4 hingga 7 bulan, maka kebutuhan jumlah ASI yang harus ia konsumsi adalah sebanyak sekitar 500 hingga 900 ml setiap harinya.

Si kecil yang kebutuhan ASI-nya terpenuhi bisa ditandai dengan berat badannya yang semakin naik. Naiknya berat badannya tersebut juga sesuai dengan usia atau kurva pertumbuhan normal. Si kecil juga buang air kecil setidaknya sekitar 6 kali dalam sehari dengan warna urin yang tida pekat atau jernih.

  • Kebutuhan tidur

Pertumbuhan pada bayi sering kali terkadang terjadi pada saat ia sedang tertidur. Hal ini karena hormon pertumbuhannya akan banyak dihasilkan saat si kecil tidur. Oleh karenanya penting untuk membuat si kecil bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup dan sesuai.

Setiap bayi memiliki kebutuhan tidurnya yang berbeda-beda. Si kecil bisa saja membutuhkan tidur dengan lama atau sedikit saja. Namun biasanya bayi yang berusia 4 bulan memerlukan waktu tidur sekitar 14 jam atau lebih dalam satu hari. Waktu tidur ini dibagi menjadi 2 yaitu untuk tidur siang dan juga tidur malam.

  • Memperkenalkan MPASI

Masa peralihan dari ASI ke makanan adalah masa penyapihan. Pada masa tersebut akan lebih baik jika Anda sudah bisa memberikan bubur bayi organik secara bertahap. Tujuannya untuk mengenalkan si kecil dan juga membantunya agar tidak kaget.

Selain itu sangat penting jika Anda memberikan si kecil berbagai macam jenis bubur atau MPASI. Tujuannya untuk membantu si kecil lebih mencoba mengeksplor berbagai macam rasa yang ia sukai.

Hal tersebut juga bagus untuk membantunya agar bisa memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisinya dengan baik. Anda bisa menggunakan bubur bayi organik yang memiliki berbagai macam rasa dan juga kandungan gizi yang baik.

Cara Merangsang Perkembangan si Kecil Usia 4 Bulan

Tips merawat bayi 4 bulan agar sehat adalah dengan membantu untuk merangsang perkembangan tubuhnya. Si kecil yang sudah berusia 4 bulan biasanya sudah bisa melakukan beberapa perkembangan. Sensor motorik dan juga sensoriknya sudah mulai berkembang dengan baik. Hal ini akan sangat bagus untuk Anda membantu merangsangnya agar lebih baik.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

  • Menggantung mainan berwarna cerah dan bergerak

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberinya mainan. Namun jenis mainan yang digunakan di sini adalah mainan yang bagus atau bisa membantu meningkatkan sensor sensoriknya.

Caranya dengan menggunakan mainan berwarna-warni dan menggantungnya di atas si kecil. Mainan tersebut akan membantu si kecil untuk meningkatkan sensor sensorik dan juga motoriknya. Hal ini karena si kecil akan merasa senang untuk menggapai atau mengambil mainan yang bergerak di atasnya.

  • Memeluk dan menimangnya

Memeluk dan juga menimangnya ternyata juga bisa menjadi salah satu cara untuk membantu pertumbuhan si kecil. Hal ini akan membantu si kecil untuk bisa merasakan dan mulai membedakan yang mana orang tuanya.

Sehingga ketika Anda memanggilnya atau mengajaknya bermain ia bisa mengenali orang tuanya. Selain itu hal ini juga bagus untuk membangun hubungan yang baik antara anak dan orang tua.

  • Sering mengajaknya berbicara

Jenis komunikasi yang juga bisa Anda lakukan dengan si kecil adalah dengan sering mengajaknya bicara. Hal ini akan membangun hubungan yang baik dengan si kecil. selain itu mengajak si kecil berbicara dengan sering juga membantunya untuk bisa mengenali bahasa atau membuatnya lebih cepat bicara.

Tentunya si kecil yang bisa dengan cepat mengucapkan sesuatu akan membuat orang tuanya bangga. Untuk itu tips merawat bayi 4 bulan perkembangan sempurna adalah dengan sering-sering mengajaknya untuk bermain sambil bicara.

  • Sering mendengarkan musik

Musik juga bisa menjadi cara untuk Anda membantu perkembangannya. Pada usia 4 bulan, si kecil sudah bisa membedakan suara. Dalam hal ini bertujuan agar ia bisa membedakan suara antara orang tuannya dengan suara yang lain.

  • Memberikannya mainan yang lunak

Perkembangan sensor motorik dan sensorik si kecil harus selalu diajarkan atau diasah. Salah satu caranya adalah dengan memberinya mainan yang lunak. Mainan lunak seperti squisy bisa Anda berikan untuk membantu agar daya genggam si kecil menjadi lebih kuat. Hal ini bagus untuk membantu perkembangan sensoriknya. Namun pastikan Anda tetap mengawasi si kecil saat bermain.

Setiap anak memiliki masa perkembangan yang berbeda-beda dan juga perawatan yang berbeda juga. Hal tersebut harusnya menjadi perhatian untuk pada ibu untuk membantu agar kebutuhan gizi si kecil tetap terpenuhi dengan baik.

Dengan begitu si kecil akan bisa berkembang dan juga tumbuh dengan baik sesuai dengan usianya. Oleh karenanya Anda perlu melakukan beberapa tips merawat bayi 4 bulan beserta cara untuk membantu perkembangan tubuh si kecil dengan baik dan benar.

Resep Bubur Bayi Organik 6 Bulan

Jual Bubur Organik Sehat, Aman dan Halal

Jika Anda ingin memberikan asupan MPASI yang sehat, aman dan halal bagi bayi maka Anda bisa memberikan bubur organik ONIC. Bubur ini terbuat dari bahan alami yang bebas MSG dan pengawet sehingga aman bagi bayi.

Selain itu, di dalamnya mengandung banyak daging dan sayur yang menawarkan sejumlah nutrisi seimbang bagi bayi. Jadi kalau Anda ingin tumbuh kembang anak baik dan sehat, Anda bisa memberikan mereka bubur organik ini yang sudah tersedia di 40 outlets di seluruh Indonesia.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp