Blog

Tips MPASI Bayi 6 Bulan

Tips MPASI Bayi 6 Bulan – MPASI yang diberikan pada si kecil pada usia 6 bulan tidak hanya untuk pengenalan pada makanan saja. Namun MPASI juga berguna sebagai salah satu sumber kebutuhan gizinya. Hal ini dikarenakan si kecil yang sudah berusia 6 bulan harus membutuhkan asupan gizi yang lebih banyak. Tujuannya agar perkembangan dan pertumbuhan si kecil bisa berkembang dengan baik.

Tips MPASI Bayi 6 Bulan

Si kecil yang baru pertama kali mencoba MPASI mungkin masih akan merasa kesulitan. Hal ini karena ia masih beradaptasi dengan tekstur dan juga rasa dari makanan tersebut. Untuk itu Anda perlu membuat strategi yang tepat untuk si kecil. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Strategi Memberikan MPASI Pada si Kecil

  • Memenuhi kebutuhannya

Pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih jenis MPASI yang bisa memenuhi kebutuhan hariannya. Pastikan jenis makanan yang Anda berikan tersebut mengandung protein, energi, karbohidrat hingga mikronutrien. Si kecil dengan kebutuhan energi yang terpenuhi tersebut juga akan membantu agar pertumbuhan dan perkembangannya bisa tetap berjalan dengan baik.

  • Tepat waktu

Tips MPASI bayi 6 bulan dengan tepat selanjutnya adalah memberikan si kecil makanan dengan tepat waktu. Hindari untuk menunda-tunda memberinya MPASI jika sudah waktunya untuk makan. Hal ini karena MPASI tersebut berguna sebagai pengganti ASI yang pemenuhan kebutuhan gizinya sudah kurang atau tida sesuai dengan kebutuhan si kecil. pemberian jadwal MPASI ini bisa tiga kali dalam satu hari atau Anda sesuaikan dengan jadwal minum susunya.

  • Diberikan secara responsif

Pemberian MPASI hendaknya dilakukan secara konsisten dimana harusnya bisa sesuai dengan jadwal makan si kecil. ketika si kecil mulai memberikan sinyal bahwa ia merasa lapar, maka cobalah segera memberinya makan berupa bubur bayi organik. Anda bisa memberikannya dengan porsi yang sedikit terlebih dulu.

Hal ini bertujuan agar si kecil bisa membiasakan diri dengan berbagai macam rasa dan juga tekstur makanan yang baru. Selain itu bayi dengan usia 6 bulan juga masih memiliki sistem pencernaan yang belum sempurna sehingga dibutuhkan penyesuaian untuk mengonsumsi makanan baru.

Akan lebih baik jika Anda memberinya makanan yang lembek dan juga lumat untuk memudahkan sistem pencernaannya dalam bekerja mengolah makanan. Jenis MPASI yang digunakan lebih baik juga MPASI dengan kandungan kalori yang tinggi untuk membantu si kecil agar lebih kenyang.

Banyak tidaknya jumlah kalori yang diserap si kecil tersebut akan mempengaruhi kenaikan berat badannya. Jadi jika Anda ingin si kecil bisa memiliki berat badan yang ideal, lebih baik fokus pada pemilihan jenis makanan dengan kalori yang tinggi. Bukan jumlah makanan yang harus dimakan si kecil.

  • Aman dan higienis

Dalam memilih makanan untuk si kecil adalah pastikan jika makanan tersebut aman dan juga higienis. Mulai dari persiapan bahan hingga penyajiannya harus diperhatikan agar makanan tersebut tetap aman dan juga sehat. Penting untuk menggunakan alat makan dan juga alat memasak yang bersih.

Jika Anda menggunakan makanan kemasan seperti bubur bayi organik, lebih baik pilih yang memang sudah bersertifikat atau sudah tercantum oleh instansi pemerintahan. Tips MPASI bayi 6 bulan terbaik adalah dengan memberikan si kecil bubur bayi organik.

Tips MPASI Bayi 6 Bulan yang Aman dan Sehat

  • Porsinya yang tepat dan juga jadwal teratur

Anda bisa mengenalkan makanan seperti makanan keluarga yang dihaluskan dan juga dicincang. Agar asupan gizinya menjadi tepat, maka Anda bisa mencoba memberinya MPASI dengan mangkuk berukuran 250 ml.

Ukuran yang direkomendasikan IDAI adalah sekitar ¾ sampai satu mangkuk penuh. Anda tidak perlu memaksanya untuk menghabiskan semua makanan tersebut. Hanya saja penting memastikan si kecil yang makan teratur sebanyak tiga kali dalam sehari.

Selain itu juga gunakan selingan sekitar 1 sampai 2 kali dalam sehari. Untuk si kecil yang usianya masih di bawah 1 tahun seperti 6 bulan, maka pemberian ASI masih harus diteruskan.

  • Kandungan nutrisinya yang seimbang

Tips MPASI bayi 6 bulan untuk daya tahan adalah dengan memperhatikan apakah makanan yang Anda berikan tersebut mengandung nutrisi yang seimbang. Salah satu nutrisi yang penting ada untuk setiap makanannya adalah kandungan protein.

Protein memang sangat bagus untuk membantu sistem kekebalan tubuhnya. Protein dari makanan seperti ikan, ayam, telur, susu dan juga daging bisa Anda gunakan. Selain itu dari sumber makanan nabati juga bisa seperti kacang-kacangan, tempe, dan juga tahu.

Sedangkan jenis nutrisi lainnya yang juga dibutuhkan si kecil adalah vitamin A yang bisa ditemukan pada wortel, bayam, dan juga hati sapi. Vitamin C bisa didapatkan dari buah jeruk, kiwi dan berbagai macam buah-buahan yang lain. Vitamin E bisa berasal dari alpukat, Almond dan kacang hijau. Pastikan berbagai macam bahan yang digunakan tersebut adalah bahan yang masih segar.

  • Mencari alternatif makanan lain jika ia alergi

Makanan bisa menjadi salah satu penyebab si kecil memiliki alergi. Oleh karenanya pemberian makanan pada si kecil harus diperhatikan dengan baik. Namun memang akan sulit mendeteksi atau mengetahui jenis makanan apa yang membuatnya alergi. Untuk itu mencoba beberapa jenis makanan yang sering menyebabkan alergi bisa Anda coba.

Misalnya ayam, telur, kacang dan lainnya. Namun pastikan jika pemberiannya dalam jumlah yang sedikit dulu. Jika sudah diketahui penyebab atau sumber makanan pada alerginya, maka selanjutnya Anda tinggal mencari pengganti makanan tersebut. Contohnya jika si kecil alergi pada telur, maka untuk mengganti kebutuhan proteinnya bisa menggunakan ayam atau daging dan ikan.

  • Pemberian suplemen bila perlu

Pemberian suplemen untuk si kecil adalah sebagai bentuk untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya. Jadi perlu dipastikan apakah kebutuhan nutrisinya sudah cukup dari makanan saja. jika memang sudah cukup maka tidak perlu dilanjutkan lagi untuk pemberian suplemen tersebut.

Hal ini karena pada dasarnya pemberian suplemen hanya untuk si kecil yang sedang sakit atau kekurangan mikronutrien. Untuk itu penting melakukan evaluasi terhadap kebutuhan gizi hariannya.

  • Menyiasati si kecil yang susah MPASI

Si kecil yang menolak untuk makan memang cukup merepotkan. Namun hal ini sangatlah wajar. Untuk mengatasi hal tersebut, maka Anda dapat memberikannya makanan baru. Anda bisa menyajikan atau mengombinasikan makanan baru dengan makanan yang biasanya disukai. Anda juga bisa memberikan si kecil makanan yang bisa ia genggam dan makan sendiri.

  • Memberikan bubur organik

Untuk asupan bayi yang sehat, Anda dapat memberikan mereka bubur organik yang dibuat dari bahan-bahan alami. Contohnya seperti bubur bayi buatan ONIC dimana bebas pengawet sekaligus MSG.

Bubur Organik Bayi 6 Bulan

Kelebihan lainnya yaitu bubur ini tidak terlalu cair, banyak daging dan sayur serta dikemas secara praktis. Jika ingin makan tinggal dihangatkan saja. Apalagi bubur ini tersedia dalam 14 varian rasa berbeda yang disukai bayi.

Itulah beberapa tips MPASI bayi 6 bulan yang aman dan menyehatkan, semoga bermanfaat.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp