Blog

Tips MPASI Bayi 7 Bulan

Tips MPASI Bayi 7 Bulan – Sebagai seorang ibu, adakah hal atau kejadian yang membuat Anda merasa paling bahagia? Jawabannya sangat beragam bukan. Tapi yang paling diharapkan seorang ibu adalah tumbuh kembang anak yang sempurna.

Tips MPASI Bayi 7 Bulan

Otomatis pemberian MPASI tidak boleh terlewatkan begitu saja terutama ketika bayi menginjak usia 7 bulan. Masalahnya, hingga sekarang masih banyak ibu yang belum memahami hakikat pemberian MPASI dengan tepat. Alhasil bukannya bertambah berat, bayi justru tampak kurus.

Tips MPASI Bayi 7 Bulan Agar Pemberiannya Lancar

  1. Tidak perlu mengurutkan rasa

Banyak orang tua yang mengeluhkan anak yang tidak suka makan sayur atau pemilih makanan. Pernahkah Anda berpikir sekali saja jika kondisi tersebut disebabkan karena kebiasaan mengurutkan rasa yang Anda lakukan ketika anak masih bayi?

Yang dimaksud dengan mengurutkan rasa adalah memberikan MPASI dengan konsentrasi satu rasa saja. Misalnya MPASI pertama adalah makanan tawar dan kemudian MPASI manis baru asin. Cara ini tidak berdasar sama sekali karena hakikatnya bayi memiliki referensi rasanya sendiri.

Bayi mampu mengenali rasa tawar, asin, manis, pahit dengan sangat baik. Misalnya buah-buahan, sayur mayur bahkan camilan manis. Kebiasaan ini membentuk tradisi makan yang baik untuk si kecil. Sehingga bayi tidak akan menjadi pemilih makanan ketika beranjak dewasa karena sudah terbiasa dengan berbagai rasa makanan.

  1. Bayi menolak? Jangan menyerah

Aturan dan tips MPASI bayi 7 bulan bisa berjalan dengan lancar jika Anda selaku orang tua mau lebih berusaha. Saat bayi menunjukkan gejala tidak suka MPASI atau penolakan. Jangan langsung menyerah dan berhenti.

Penolakan bayi pada MPASI bukan hal mustahil terutama makanan yang menurut bayi rasanya pahit atau tawar seperti sayur mayur. Daripada berhenti, alangkah baiknya jika Anda mengambil jeda.

Biarkan bayi menikmati MPASI yang disukai. Kemudian berikan MPASI yang bayi tolak sebelumnya. Jeda terbaik kurang lebih selama tujuh hari.

  1. Kenali tanda bayi kenyang

Pengalaman MPASI yang dialami setiap bayi berbeda-beda tergantung bagaimana Anda memberikannya pada bayi. Agar bayi Anda memiliki pengalaman menyenangkan dengan MPASI, ciptakan kebiasaan yang mengasyikkan.

Caranya mudah saja, cukup perhatikan kapan bayi Anda kenyang dan harus berhenti makan. Sebanyak apa pun keinginan Anda agar bayi 7 bulan lekas gemuk janganlah memaksakan bayi makan.

Hal ini bisa menjadi pengalaman buruk bagi bayi. Apalagi jika Anda sampai kelepasan marah atau membentak bayi.

  1. Suapi bayi dengan sendok

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat memberikan MPASI. Entah menggunakan gelas sedotan atau botol atau menyuapi bayi secara langsung dengan sendok. Mana yang paling terbaik?

Cara yang paling direkomendasikan adalah menggunakan sendok. Langkah ini dipercayai dapat mencegah obesitas pada anak. Mengingat pemberian makanan melalui gelas sedotan hampir selalu berlebihan.

  1. Waspadai konstipasi

Tips MPASI bayi 7 bulan pertama membawa banyak kekhawatiran bagi ibu baru. Khawatir bayi mengalami sembelit atau konstipasi. Belum lagi rangsangan alergi dari sejumlah bahan makanan.

Hindari masalah konstipasi pada bayi 7 bulan dengan rutin cek kesehatan bayi ke dokter anak. Jangan asal memberikan obat pencahar ketika bayi menunjukkan gejala sembelit atau konstipasi. Baiknya, Anda bawa langsung bayi ke rumah sakit untuk diperiksa dokter anak.

Terutama jika pengalaman Anda menghadapi bayi 7 bulan konstipasi belum ada. Kemungkinan besar dokter akan meresepkan obat dan merekomendasikan makanan yang baik untuk dikonsumsi si kecil.

  1. Support anak untuk menyukai berbagai jenis makanan

Sayuran merupakan bahan makanan yang paling sering dihindari anak kecil. Apakah Anda mengalami kondisi ini pada anak pertama? Agar si adik tidak mengikuti kakaknya, berikan support sejak bayi menginjak usia 7 bulan.

Ajari bayi untuk menyukai berbagai jenis makanan dan cita rasanya. Jangan hanya memberikan buah-buahan manis saja tapi juga selingi dengan buah masam, sayuran dan sebagainya.

Contoh Menu MPASI Bayi 7 Bulan

Sudah mencatat seluruh tips MPASI di atas? agar prosesnya berjalan lebih seimbang dan lancar. Berikan contoh MPASI berikut pada si kecil:

  • Bubur Organik

Bubur organik yang enak dimakan misalnya bubur buatan ONIC FOOD dengan berbagai pilihan rasa seperti ayam keju, salmon jagung, teri wortel, ayam brokoli, tuna jagung, dan sebagainya. Apalagi bubur ini tinggal dihangatkan saja sehingga menyiapkan amat praktis. Selain itu bubur ONIC bebas pengawet serta MSG.

  • Bubur Beras Wortel

Menu dan tips MPASI bayi  7 bulan bisa berjalan lancar ketika ibu memberikan bubur beras wortel. Apa yang istimewa dari makanan ini? Bubur beras wortel terbuat dari campuran wortel, beras dan kaldu ayam.

Rasanya tidak hanya asin tapi juga gurih. Bubur beras wortel memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap termasuk karbohidrat, vitamin A dan sebagainya.  Supaya bayi 7 bulan bisa mencerna wortel dengan baik, parut wortelnya sampai benar-benar halus.

  • Bubur Labu

Memberikan bubur gurih dalam satu minggu pada bayi 7 bulan bukan tindakan bijaksana. Selain membosankan, bayi Anda juga hanya akan mengenal rasa gurih saja. Supaya hal tersebut tidak terjadi, buatlah bubur labu.

Gunakan labu kuning dan masak bersama ASI atau susu formula. Tekstur lembut dan manis dari labu kuning sangat disukai bayi. Proses pembuatan MPASI ini juga tidak sulit, Anda bisa menggunakan food processor untuk melumatkan labu kuningnya.

Kandungan nutrisi labu kuning segar juga sangat bervariasi. Mulai dari lemak, protein, pati, gula serat dan sebagainya. Belum lagi ASI yang juga mengandung banyak nutrisi baik. Anda bisa memberikan bubur labu berselang seling dengan bubur beras wortel.

  • Bubur Pisang Mangga

Pisang dan mangga bisa menjadi kombinasi MPASI yang sangat baik dan disukai oleh bayi 7 bulan. MPASI ini bisa menjadi menu kedua setelah Anda mencoba membuat bubur labu kuning di hari sebelumnya.

Agar rasa MPASI-nya disukai oleh bayi, silakan Anda pilih buah yang sudah matang dan segar. Haluskan keduanya dan campur dengan ASI. Yang menarik dari bubur pisang mangga, Anda tidak perlu menambahkan pemanis sama sekali.

Cara pembuatan MPASI ini juga sangat sederhana. Tapi usahakan buat MPASI bubur pisang mangga dalam porsi yang cukup satu kali makan. Untuk menghindari penyimpanan dan penghangatan kembali.

  • Bubur Kentang Ayam Giling

Dan rekomendasi resep atau menu MPASI lezat lainnya adalah bubur kentang ayam giling. Resep ini melengkapi dua resep di atas yang keduanya bercita rasa manis. Jika Anda membandingkannya dengan ketiga resep di atas, bubur kentang ayam giling mungkin yang paling rumit.

Anda membutuhkan kentang, wortel dan daging ayam sebagai bahan utama. Meski lebih rumit, kandungan zat gizi pada MPASI ini jauh lebih banyak dan lengkap. Jadi tidak ada salahnya untuk dicoba.

Itulah sejumlah menu dan tips MPASI bayi 7 bulan, silakan Anda pelajari untuk perkembangan tumbuh kembang terbaik si kecil.

[Total: 3   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp