Blog

Tips MPASI Bayi 8 bulan

Tips MPASI Bayi 8 bulan – Memberikan jenis MPASI yang sesuai dengan usia si kecil adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini karena si kecil harus mendapatkan gizi atau nutrisi yang sesuai dengan usianya. Salah satunya untuk si kecil yang sudah berusia 8 bulan. Biasanya mereka sudah memiliki sistem pencernaan yang baik sehingga mengonsumsi makanan yang halus saja sudah tidak cukup.

Tips MPASI Bayi 8 bulan

Akan lebih baik jika Anda mulai mencoba memberikan si kecil makanan yang sedikit lebih kasar. Pada usia tersebut si kecil biasanya sudah tumbuh gigi sehingga menggunakan bubur bayi organik yang sedikit lebih kasar akan sangat membantu untuk perkembangannya.

Namun berbagai macam makanan yang disediakan untuk si kecil juga harus memenuhi kebutuhan gizinya. Misalnya mengandung karbohidrat, protein, kalsium, lemak, vitamin dan mineral. Berikut adalah beberapa tips memberikan MPASI untuk si kecil.

Tips MPASI Bayi 8 Bulan yang Bisa Anda Gunakan

  • Sayuran

Sayuran menjadi bahan makanan yang penting untuk diberikan pada si kecil. Hal ini karena dalam sayur mengandung berbagai macam nutrisi yang bagus untuk perkembangannya. Jenis sayuran yang bisa Anda berikan untuk si kecil yang berusia 8 bulan seperti wortel, bayam, brokoli, labu kuning dan tomat.

Nantinya setelah si kecil sudah berusia lebih dari 8 bulan, maka Anda bisa meningkatkan jenis sayurannya. Seperti menggunakan kacang panjang, buncis, dan kacang kapri. Sayuran tersebut bisa Anda campurkan pada jenis makanan yang disukai si kecil. Coba untuk jangan terlalu menghaluskan makanan atau sayuran tersebut. Cukup cincang kasar untuk membuat si kecil mengunyahnya.

  • Buah-buahan

Menu dan tips MPASI bayi 8 bulan selanjutnya yang penting untuk disajikan pada si kecil adalah buah-buahan. Dalam buah-buahan mengandung berbagai macam sumber vitamin dan mineral yang bagus untuk pertumbuhannya.

Anda bisa menggunakan berbagai macam buah seperti apel, jeruk, kiwi, strawberry, pisang, pepaya dan lain sebagainya. Biasanya jenis buah-buahan tersebut diolah dalam bentuk puree. Namun untuk bayi dengan usia 8 bulan, Anda bisa memotong buah-buahan tersebut menjadi lebih kecil sehingga bisa dikonsumsi si kecil dalam bentuk camilan.

  • Tahu

Bahan makanan selanjutnya yang bisa Anda berikan pada si kecil sebagai menu MPASI nya adalah tahu. Tahu ini mengandung protein yang cukup tinggi sehingga akan bagus untuk membantu memenuhi kebutuhan proteinnya.

Tahu juga menjadi makanan yang mudah untuk diolah. Anda bisa mengukusnya kemudian mencampurkannya pada bubur bayi organik. Hal ini akan lebih praktis daripada Anda harus mengolahnya menjadi berbagai macam makanan lainnya.

  • Ikan

Ikan sudah dikenal dengan kandungan asam omega 3 nya yang banyak. Oleh karena itu memberikan ikan sebagai menu MPASI untuk si kecil adalah hal yang penting. Terutama jika Anda menggunakan ikan salmon atau tuna. Akan tetapi tidak semua anak menyukai ikan. Oleh karena itu cara dan tips MPASI bayi 8 bulan agar mau makan ikan adalah cobalah menggunakan bubur bayi organik dengan kandungan ikan.

Biasanya rasanya dan juga baunya tidak akan amis sehingga si kecil mau untuk memakannya. Anda juga bisa mencoba memberikan si kecil hidangan dengan bahan ikan yang bisa Anda kreasikan dengan lebih bagus. Contohnya membuat nugget dari daging ikan.

  • Ayam

Bahan MPASI lainnya yang juga mengandung protein yang bagus untuk si kecil adalah daging ayam. Daging ayam tersebut bisa Anda olah menjadi berbagai macam menu MPASI. Cobalah untuk mengkreasikannya dengan bahan makanan yang lain. Misalnya menggabungkannya dengan sayuran.

Hal ini bertujuan agar si kecil nantinya tidak hanya mau makan MPASI dengan bahan daging ayam saja. Jadi secara tidak langsung Anda juga membantu si kecil agar tidak terlalu memilih-milih jenis makanan.

  • Telur

Telur juga bisa menjadi sumber protein yang bagus untuk diberikan pada si kecil. Namun tidak semua bayi cocok mengonsumsi telur. Hal ini karena ada juga beberapa bayi yang alergi dengan telur. Tips mpasi bayi 8 bulan terbaik yang bisa Anda lakukan jika ingin memberikan telur adalah dengan memberinya dalam kadar yang sedikit terlebih dahulu. Kemudian jangan berikan jenis makanan yang lain untuk mengetahui apakah si kecil memiliki alergi atau tidak.

Jika dalam kurun waktu beberapa jam atau dalam satu hari tersebut si kecil tidak memiliki gejala alergi seperti ruam pada kulit atau gatal pada kulitnya, maka Anda bisa melanjutnya pemberian MPASI dengan bahan telur tersebut. Namun segera hentikan apabila si kecil merasakan gejala alergi.

Contoh Berbagai Menu MPASI untuk Bayi 8 Bulan

  • Jus pepaya pisang

Olahan buah-buahan untuk MPASI si kecil pertama yang bisa Anda buat adalah jus pepaya pisang. Anda hanya perlu membutuhkan pisang dan juga pepaya secukupnya. Nantinya kedua bahan tersebut akan diblender hingga halus dan bisa Anda berikan pada si kecil. Gabungan antara pisang dan juga pepaya tersebut bagus untuk membantu si kecil mendapatkan sumber vitamin yang lengkap.

  • Jus melon jeruk manis

Selanjutnya Anda juga bisa menghidangkan jus melon yang dicampur dengan jeruk manis. Jus ini bahkan tidak perlu menggunakan tambahan gula dan air karena sudah menggunakan perasan dari jeruk manis dan juga melon yang manis. Hidangan ini cocok untuk si kecil yang menyukai rasa manis dan juga segar dari jeruk.

  • Bubur organik

Bubur organik bisa dibuat dari bahan berupa sayur, daging hingga buah. Umumnya bubur ini dapat dibuat sendiri, namun tersedia juga yang buatan pabrik seperti bubur organik ONIC. Meski buatan pabrik ONIC, tapi bubur ini tetap menyehatkan karena bebas MSG dan pengawet. Selain itu juga dapat dibeli secara online atau offline di 40 outlets bubur ONIC yang sudah tersebar di seluruh Indonesia. Bubur ini rasanya dijamin enak dan bergizi bagi si kecil.

  • Bubur ikan

Daging ikan selain bisa diolah menjadi nugget ikan, juga bisa diolah menjadi bubur ikan. Olahan ini bisa menjadi salah satu solusi untuk si kecil yang ingin Anda coba berikan makanan dengan kandungan ikan.

Selain bahan utamanya yang berupa ikan, Anda juga bisa menggunakan bahan lainnya seperti menambahkan tahu hingga sayuran yang dicincang kasar. Jadi si kecil tidak hanya mendapatkan sumber protein dari ikan saja, namun juga mendapatkan berbagai macam manfaat lainnya dari sayuran dan juga kacang-kacangan.

  • Bubur kentang susu

Kentang yang menjadi sumber karbohidrat juga bisa Anda manfaatkan untuk MPASI si kecil. Kentang tersebut bisa Anda olah dengan cara menghaluskannya dan dicampurkan dengan tepung beras. Untuk menambah cita rasa manisnya, Anda bisa menggunakan susu formula atau ASI. ASI tersebut juga berguna sebagai pelarut antara tepung beras dengan kentang yang sudah dihaluskan.

Tips MPASI bayi 8 bulan tersebut bisa menjadi salah satu solusi apabila si kecil bosan dengan menu kentang yang itu-itu saja.

[Total: 3   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp