Blog

Tips Perawatan Bayi 0-6 Bulan

Tips Perawatan Bayi 0-6 Bulan – Merawat bayi yang masih berusia 0 sampai 6 bulan memang buakn hal yang mudah. Anda harus melakukannya secara hati-hati dan juga benar. Terutama jika Anda belum pernah memiliki pengalaman untuk mengurus bayi. Hal ini sudah pasti akan menjadi hal yang harus Anda lakukan secara hati-hati.

Tips Perawatan Bayi 0-6 Bulan

Cara untuk merawat bayi tersebut bisa berpengaruh pada pertumbuhan si kecil. Untuk itu perlu kesabaran dan juga ketelitian ketika hendak merawat si kecil. Bahkan banyak juga yang merasa stres ketika mengurus si kecil. Untuk itu berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika akan merawat si kecil.

Cara atau Tips Perawatan Bayi 0-6 bulan  

Si kecil yang masih berusia 0 sampai 6 bulan tentunya cara untuk merawatnya tidak hanya fokus pada cara untuk merawatnya saja. Namun orang tua juga harus mengerti mengenai pengelolaan tekanan saat merawat dan juga menjaga si kecil.

  • Menjaga kondisi fisik

Merawat si kecil yang masih kecil dengan usia 0 sampai 6 bulan memang dibutuhkan tenaga yang ekstra. Oleh karenanya penting bagi Anda untuk memiliki stamina yang kuat saat menjaga dan merawat si kecil. Untuk seorang ibu hamil sangat penting jika bisa selalu menjaga kesehatan tubuh.

Caranya adalah dengan selalu mengonsumsi makanan yang bergizi dan juga beristirahat dengan cukup. Lebih baik saat si kecil tertidur, Anda juga bisa ikut beristirahat untuk menjaga stamina. Anda juga bisa bergantian untuk merawat dan menjaga si kecil dengan pasangan Anda.

  • Jangan ragu untuk bertanya

Tips perawatan bayi 0-6 bulan baru lahir memang harus dilakukan dengan benar dan hati-hati. Namun hal ini akan menjadi masalah jika Anda adalah seorang ibu yang baru pertama kali memiliki anak. Anda akan dibingungkan dengan bagaimana cara mengasuh dan merawat dengan benar.

Untuk itu jangan ragu bertanya jika Anda memang tidak mengetahui sesuatu. Jika memang tidak ada orang tua sama sekali yang bisa Anda mintai tolong atau tanya, Anda bisa mencari beberapa sumber atau referensi dari internet. Dengan begitu Anda bisa dengan yakin ketika merawat dan menjaga si kecil dengan baik dan benar.

  • Jangan takut

Hal yang umum dilakukan oleh ibu yang baru pertama kali memiliki buah hati adalah rasa takut. Rasa takut tersebut karena tidak mengerti bagaimana cara yang tepat untuk merawat si kecil. Sang ibu sudah merasa takut dengan hal yang dilakukan apakah memang dilakukan dengan benar atau tidak.

Padahal rasa takut yang dilakukan oleh sang ibu adalah hal yang wajar karena baru pertama kali memiliki anak. Secara tidak langsung juga karena kondisi psikologis yang belum siap dan rasa ragu dengan kesalahan saat akan merawat si kecil.

Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan rasa saling mendukung yang sangat penting antara satu pasangan dengan yang lainnya. Kekompakan dan keharmonisan dalam merawat si kecil juga bisa membantu menghilangkan rasa takut saat merawat si kecil.

  • Mengetahui kapan harus meminta bantuan

Tidak selamanya Anda bisa mengurus dan merawat si kecil sendirian. Akan ada saatnya dimana Anda harus bertanya atau meminta bantuan dari keluarga untuk merawat si kecil. Namun hal ini menjadi alternatif atau cara yang tidak selalu bisa Anda lakukan. Merawat si kecil oleh sang ibu sendiri, bisa memberikan dampak yang bagus untuk perkembangan psikologi si anak saat sudah dewasa.

Merawat bayi yang dilakukan sejak kecil akan membuat ikatan batin antara anak dan juga orang tua menjadi sangat kuat. Hal ini juga akan memberikan dampak dimana anak akan lebih mudah dekat dengan Anda.

Hal yang Perlu Diketahui Saat Merawat Bayi

  • Waktu tidur

Bayi yang baru saja lahir biasanya akan tidur selama 18 jam dalam sehari. Pola tidur tersebut akan tidak tetap seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini dikarenakan pola untuk menyesuaikan si kecil dengan lingkungannya yang baru.

Si kecil yang sudah berusia 6 bulan atau lebih lama-kelamaan pola tidurnya akan lebih teratur atau terbentuk. Pola ini karena si kecil sudah merasa nyaman dengan kegiatan yang biasanya Anda lakukan. Seperti memandikannya dengan air hangat, memberikan losion, menggunakan pakaian yang nyaman dan lain sebagainya.

  • Memberikan si kecil ASI

Si kecil yang baru lahir biasanya akan meminum ASI dengan juga lebih sering. Hal ini karena kebutuhan atau asupan nutrisi si kecil hanya berasal dari ASI saja. Dalam sehari si kecil mungkin bisa meminum ASI mulai dari 8 hingga 15 kali.

Selain itu kapasitas perutnya yang masih kecil memungkinkan si kecil untuk meminum ASI lebih sedikit. Ketika Anda menyusuinya usahakan untuk melakukannya secara bergantian untuk membuatnya nyaman. Tips perawatan bayi 0-6 bulan dengan benar adalah dengan memberikan susu dengan sering dan hindari si kecil sampai menangis karena lapar.

Untuk bayi yang berumur 6 bulan, biasanya sudah diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan lainnya selain dari ASI. Makanan tersebut adalah MPASI yang sudah bisa Anda berikan. Biasanya si kecil akan makan selama 3 kali atau lebih dalam sehari. Anda bisa menggunakan bubur bayi organik yang lebih praktis. Namun hindari untuk memberikannya dalam jumlah yang besar atau banyak karena kapasitas perutnya masih sedikit.

  • Mengganti popoknya

Mengganti popoknya secara teratur juga bisa menjadi tips perawatan bayi 0-6 bulan yang benar. Si kecil yang kondisi popoknya penuh sudah pasti akan merasa tidak nyaman. Hal ini membuatnya lebih sering rewel atau menangis. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa mengganti popok si kecil dengan yang baru.

Tujuannya agar ia merasa nyaman dan tidak rewel lagi. Jika si kecil mengonsumsi susu formula, biasanya waktu untuk kencing akan lebih sering daripada si kecil yang mengonsumsi ASI.

  • Memberikan pakaian yang hangat dan nyaman

Tips perawatan bayi 0-6 bulan juga bisa Anda lakukan dengan cara memberinya pakaian yang hangat dan juga nyaman. Pakaian yang nyaman tersebut bisa Anda lihat dari bahan yang digunakan. Usahakan untuk menggunakan pakaian dengan bahan yang halus seperti katun. Hal ini karena kulit tubuh si kecil masih sangat sensitif dimana akan lebih rentan untuk terkena alergi.

Salah satu bahan yang nyaman digunakan adalah bahan katun. Bahan pakaian tersebut sangat mudah untuk menyerap keringat, hangat, halus dan juga tidak membuat si kecil merasa gerah. Sehingga masih cocok jika menggunakan pelapis lain seperti kain gendong atau saat menggendongnya.

Jual Produk Bubur Bayi Berkualitas

Salah satu cara merawat bayi lainnya yaitu dengan memberikan makanan bernutrisi. Anda bisa memberikan bubur yang terbuat dari bahan organik seperti bubur pabrikan ONIC. Di sini kami menawarkan bubur organik dengan berbagai kelebihan untuk si kecil:

  • Rasanya yang dijamin enak tersedia 14 varian rasa
  • Bubur bebas MSG dan pengawet
  • Lebih banyak daging dan sayur
  • Kemasan yang praktis dan mudah dibuat
  • Tidak terlalu berair
  • Mudah ditemukan karena sudah tersedia di 40 outlet seluruh Indonesia

Tunggu apalagi, memberikan asupan bagi bayi amatlah penting. Demikian tips perawatan bayi 0-6 bulan. Semoga bermanfaat.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp