Blog

Tips Rambut Bayi Tumbuh Lebat dan Hitam

Tips Rambut Bayi Tumbuh Lebat dan Hitam – Bayi yang memiliki rambut sehat sudah pasti membuat orang tua senang. Banyak orang tua yang mengusahakan agar anaknya bisa memiliki rambut yang tebal dan hitam berkilau. Mulai dari mengonsumsi makanan yang bisa melebatkan rambut hingga menggunakan beberapa ramuan tradisional untuk membantu melebatkan rambut. Beberapa bayi memang sudah terlahir dengan rambut yang tebal dan juga hitam. Hal tersebut dikarenakan keturunan atau genetik. Ada juga yang lahir tanpa rambut.

Tips Rambut Bayi Tumbuh Lebat dan Hitam

Biasanya bayi akan tumbuh rambut ketika memasuki usia kehamilan sekitar 14 hingga 15 minggu. Pertumbuhan tersebut terjadi dalam dua siklus yaitu rambut yang rontok dan akan tumbuh kembali. Asupan nutrisi ternyata bisa membantu untuk menunjang pertumbuhan rambut bayi. Makanan yang mengandung banyak vitamin dan juga mineral bisa membantu pertumbuhan rambut bayi. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa membantu pertumbuhan rambut.

Tips Rambut Bayi Tumbuh Lebat Dan Hitam dengan Makanan Bergizi

  • Air kelapa

Banyak ibu yang ketika hamil mengonsumsi air kelapa agar nantinya bayi bisa lahir dengan kulit yang bersih dan putih. Hal ini dikarenakan air kelapa memiliki manfaat yang bagus untuk melancarkan sistem ekskresi. Sistem ini berguna untuk membantu melancarkan pembuangan urin. Sehingga saluran kemih Anda juga lebih lancar dan bersih dari racun.  Selain itu manfaat dengan mengonsumsi air kelapa secara rutin saat hamil berguna untuk membantu agar rambut bisa tumbuh dengan lebih sehat.

  • Kacang hijau

Tips rambut bayi tumbuh lebat dan hitam dengan alami berikutnya adalah dengan mengonsumsi kacang hijau. Kacang hijau dipercaya untuk membantu merangsang tumbuhnya rambut lebih tebal. Dalam kacang hijau mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan seperti kalsium, asam folat, serat dan juga protein.

Nutrisi tersebut juga bisa membantu untuk tumbuhnya rambut. Anda bisa mengonsumsi kacang hijau dalam bentuk bubur kacang hijau atau meminum air rebusannya saja. Selain untuk ibu hamil, kacang hijau juga bisa dikonsumsi si kecil dalam bentuk mpasi. Anda bisa menggunakan bubur organik dengan kandungan atau varian kacang hijau pada si kecil.

  • Kacang-kacangan

Selain kacang hijau, jenis kacang-kacangan lainnya juga bisa Anda manfaatkan untuk membantu  menumbuhkan rambut si kecil. Jenis kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi adalah kacang pecan, kacang kenari dan kacang almond. Dalam kacang tersebut mengandung biotin yang merupakan jenis vitamin yang bagus untuk pertumbuhan rambut agar lebih lebat dan hitam.

  • Alpukat

Buah alpukat memiliki manfaat yang bagus untuk bayi maupun ibu yang sedang hamil. Buah alpukat mengandung setidaknya vitamin e dan juga vitamin b yang penting dalam menjaga kesehatan rambut. Bahkan kandungan vitamin tersebut juga bisa membantu dalam mencegah agar rambut bayi tidak mudah rontok. Untuk mengonsumsinya juga mudah karena bisa Anda konsumsi secara langsung atau diolah menjadi desert.

  • Telur

Tips rambut bayi tumbuh lebat dan hitam panjang adalah dengan ibu hamil yang secara rutin mengonsumsi telur. Kandungan protein yang baik ada dalam telur. Untuk itu demi menjaga kandungan yang tetap sehat, Anda bisa mengonsumsi telur dengan rutin. Telur sendiri juga bisa membantu untuk mendorong agar bayi yang masih dalam kandungan bisa memiliki rambut yang lebat. Anda bisa mengolah telur sebagai menu sarapan atau mengolahnya menjadi makanan yang lain.

Tips Merawat Rambut Bayi Agar Tetap Sehat Dan Lebat

Setelah bayi lahir dengan keadaan rambut yang hitam dan juga tebal Anda juga perlu merawatnya. Berikut adalah cara atau tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat rambut bayi.

  • Jangan keramas terlalu sering

Mungkin beberapa orang akan mengira semakin sering keramas maka rambut juga semakin sehat. Padahal hal ini tidaklah benar. Terlalu sering keramas juga bisa menyebabkan kerontokan pada rambut. Terutama pada si kecil yang baru saja lahir. Anda bisa membersihkan rambut si kecil setidaknya sekitar satu sampai dua kali seminggu. Sedangkan jika usai si kecil sudah mulai bertambah atau untuk bayi yang lebih besar, Anda bisa membersihkan rambutnya sekitar dua hari sekali.

  • Menggunakan minyak kemiri

Tips rambut bayi tumbuh lebat dan hitam setelah digunduli adalah dengan menggunakan minyak kemiri. Minyak kemiri memang memiliki manfaat yang bagus untuk membantu supaya rambut bayi lebih lebat. Cara untuk menggunakannya hanya dengan mengoleskannya pada kulit kepala sambil sedikit dipijat selama beberapa saat. Lakukan hal tersebut sebelum keramas dan mendiamkannya selama 15 menit lalu bisa dibilas hingga bersih.

  • Menggunakan shampoo khusus bayi

Struktur kulit kepala atau rambut pada bayi dengan orang dewasa berbeda. Biasanya pada kulit kepala bayi akan lebih banyak kelenjar minyak. Oleh karena itu menggunakan shampoo orang dewasa untuk bayi sangat tidak disarankan. Penggunaan shampoo bayi juga akan memudahkan si kecil agar tidak sakit atau perih bila terkena mata.

  • Jangan mengikat rambut terlalu kencang

Biasanya rambut bayi yang sudah terlalu panjang akan diikat. Namun hindari untuk mengikat rambut tersebut terlalu kencang. Hal ini bertujuan agar tidak mengganggu pertumbuhan rambut dan juga menyebabkan rambut yang lebih mudah rontok. Jika rambut bayi dirasa terlalu panjang dan mengganggu, Anda bisa memotongnya. Memotong rambut bayi juga akan membantu merangsang pertumbuhan rambutnya.

  • Menggunakan hair lotion

Hair lotion ini biasanya digunakan pada rambut setelah selesai keramas. Selain memberikan aroma yang harum, hair lotion juga berguna untuk membantu agar rambut lebih kuat sehingga tidak akan mudah rontok  atau patah.

  • Memberikan nutrisi yang tepat

Ada berbagai macam nutrisi yang bisa Anda berikan guna membantu pertumbuhan rambut si kecil.

    • Vitamin B12 dan B6:  beberapa makanan yang mengandung vitamin tersebut seperti daging merah, kacang-kacangan, ikan, susu, telur, dan berbagai macam olahan lainnya. Anda bisa menggunakan bubur bayi organik sebagai menu MPASI dengan beberapa kandungan diatas.
    • Vitamin A: makanan dengan sumber vitamin A seperti wortel, pepaya, bayam, brokoli, labu kuning dan jeruk.
    • Zat besi: makanan yang tinggi zat besi seperti buah bit, kacang merah, hati dan asi. Oleh karena itu sangat baik jika Anda memberikan asi eksklusif pada bayi hingga 6 bulan.
    • Vitamin C: vitamin ini dibutuhkan untuk membantu zat besi agar bisa diserap dengan lebih mudah. Makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, wortel, apel dan labu kuning.

Demikian adalah artikel mengenai tips rambut bayi tumbuh lebat dan hitam yang bisa Anda coba terapkan.

Untuk membantu memberikan nutrisi yang berguna untuk pertumbuhan rambut bayi bisa menggunakan bubur organik Onic. Produk ini dibuat menggunakan bahan berkualitas sehingga dapat merangsang pertumbuhan rambut bayi agar lebat dan hitam. Tambahkan bubur organik Onic sebagai MPASI untuk mencukupi kebutuhan si kecil. Dengan kemasan yang praktis Anda bisa bisa menyajikannya dengan cepat.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp