Blog

Tips Tidurkan Bayi Waktu Malam

Tips Tidurkan Bayi Waktu Malam – Membuat bayi tidur di malam hari memang bukan hal mudah. Apalagi ada bayi yang memang sering tidur larut malam, pasti bunda akan sangat kesulitan. Selain itu, bayi yang sering terbangun di malam hari juga membuat orang tua kelelahan.

Tips Tidurkan Bayi Waktu Malam

Jika bayi sulit tidur malam dan sering terbangun tentu tidak baik untuk kesehatan ibu dan anak jika terus berlanjut. Maka penting bagi bunda tahu cara efektif menidurkan si kecil.

Ikuti 6 Tips Tidurkan Bayi Waktu Malam untuk Ortu Baru

  • Mengatur Suhu Ruangan

Bayi sulit terlelap jika suhu ruangan terlalu dingin ataupun terlalu panas. Sama halnya dengan orang dewasa, apalagi kulit bayi yang masih sangat sensitif. Maka, bunda harus mampu memperhatikan suhu yang sesuai untuk si kecil, yang membuat ia nyaman.

Umumnya suhu ruangan si kecil idealnya sekitar 21-22 derajat Celsius. Jika tampak bayi sudah berkeringat, maka tambahkan kain untuk menyeka keringatnya serta hindari membedong bayi. Sedangkan jika bayi kedinginan maka tips tidurkan bayi waktu malam agar nyenyak dengan menambah selimut agar lumayan hangat.

  • Pijat Lembut

Memberi pijatan yang lembut untuk si kecil juga salah satu cara efektif menidurkannya. Boleh memijat di bagian lengan, kaki, perut sebelum tidur dengan lembut agar bayi lebih rileks. Tidak membutuhkan waktu lama, hanya perlu 15 menit saja. Menggunakan baby oil akan lebih baik lagi, tetapi jika si kecil merasa tidak nyaman segera hentikan pijatan.

  • Pakaikan Pakaian yang Nyaman

Cara selanjutnya untuk membuat si kecil tidur nyenyak adalah dengan menggunakan pakaian yang terbuat dari katun untuknya. Kain katun terbukti menyerap keringat dan memiliki tekstur yang lembut serta sejuk saat bersentuhan ke kulit.

Ini bisa membuat si kecil merasa lebih nyaman. Pokok yang digunakan juga sebaiknya yang mudah menyerap air dan tidak memiliki risiko bocor. Karena jika basah akan mengganggu kualitas tidur si kecil.

  • Pastikan posisi tidur nyaman

Jika bayi sudah mengantuk ataupun menggosok-gosok mata itu maknanya bayi harus segera ditidurkan. Mungkin memang bayi masih terjaga, tetapi tubuhnya mengisyaratkan untuk segara tidur. Bunda bawalah bayi ke tempat tidurnya dan posisikan yang aman dan nyaman.

Bayi akan menenangkan dirinya hingga tertidur, boleh juga bunda membantu dengan menepuk ataupun menggosok punggungnya. Hindari melakukan kontak mata dengan si kecil saat akan tidur. Sebab interaksi seperti ini akan membuat si kecil terbangun lagi bahkan gelisah. Jangan biarkan posisi tidur si kecil tengkurap, bertopang pada perut ataupun posisi tidak aman lainnya.

  • Perhatikan intensitas cahaya kamar

Kamar dalam keadaan redup juga tips tidurkan bayi waktu malam tanpa bangun. Cahaya yang remang-remang memberikan makna bagi tubuh untuk tidur begitu juga pada tubuh si kecil. Jika cahaya kamar masih sangat terang pasti si kecil sulit tidur karena baginya belum waktu untuk tidur. Apalagi jika masih ada anggota keluarga yang lain masih asyik mengobrol, maka bayi berpikir  belum masuk jam tidur, masih bisa bermain-main.

  • Jangan mengayun bayi

Ini khusus untuk bayi yang sudah berusia 5 sampai 6 bulan, sebaiknya jangan mengayun ataupun menggendong saat si kecil akan tidur. Jika bayi sudah tampak mengantuk, maka baringkan langsung tubuhnya di atas ranjang. Berikan kesempatan bagi bayi untuk membuat dirinya lebih  tenang agar lebih mudah terlelap.

Cara ini juga berguna melatih si kecil agar bisa tidur tanpa bantuan orang lain untuk menidurkannya. Waktu tidur bayi pun jangan diubah-ubah karena alasan apa pun itu. Misalnya orang tua sedang sibuk ada tamu, maka belum bisa menidurkan bayi sehingga bayi dibiarkan  bermain dalam keadaan mengantuk hingga tidur larut malam. Hal ini tidak bagus untuk siklus tidur si kecil.

3 Langkah Menyiapkan Tempat Tidur Bayi

Menjelang si kecil lahir ke dunia, seluruh anggota keluarga pasti sibuk menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan. Mulai dari kuri makan, meja untuk ganti popok, kasur bayi hingga ranjang bayi.

Tentu saja menyiapkan tempat tidur bayi adalah hal penting apalagi untuk pasangan baru. Pilihlah yang bermaterial tepat, aman dan memang dirancang khusus untuk si kecil.

  • Utamakan keselamatan

Ketika memilih ranjang bayi, jangan lupakan aspek keamanan. Mulai dari bahannya yang kokoh dan ukurannya sebab bisa digunakan sampai bayi berusia 12 tahun. Ukuran kasur dengan ukuran ranjang juga perlu disesuaikan. Supaya tidak ada celah dan mengurangi risiko bahaya untuk si kecil.

Kasur yang digunakan sebaiknya yang memiliki busa sedikit keras supaya postur tubuh si kecil lebih terjaga. Lapisan luar ataupun cover bed harus dicuci secara rutin supaya tetap bersih dan segar saat si kecil tidur, juga salah satu tips tidurkan bayi waktu malam dengan cepat.

  • Memastikan semua aman

Semua peralatan yang digunakan  oleh si kecil memang harus aman karena bayi belum tahu yang mana yang berbahaya dan yang tidak berbahaya. Alas bumper berguna melindungi bayi agar tidak terbentur dan juga mengurangi risiko terjepit celah ranjang. Alas bumper saat ini dapat dipasang dengan mudah. Bahkan sudah dilengkapi tali pengencang sehingga lebih kokoh.

Sebaiknya sediakan pelindung di bawah sarung kasur untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Juga perlu menambahkan ataupun membeli yang sudah dilengkapi lapisan anti air. Jadi, kasur lebih terjaga kebersihannya dari noda air. Si kecil bisa tidur dengan nyaman dan aman.

  • Buatlah lebih nyaman

Tekstil yang lembut membuat si kecil terlelap dengan nyaman. Perhatikan seprai yang digunakan sebaiknya yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Kelembaban pun bisa diserap sehingga tetap kering dan tidak mengganggu kenyamanan si kecil.

Sebaiknya seprai yang digunakan sepenuhnya terbuat dari bahan katun karena bahan ini teksturnya lebih lembut. Jangan lupa jaga suhu agar bayi selalu dalam kondisi hangat. Boleh menggunakan selimut tenun premium dengan permukaan yang halus, non zat kimia dan bisa bertahan lama.

Jadi, bukan hanya aman untuk si kecil tetapi juga aman untuk lingkungan. Bantal juga cukup membantu bayi tidur dengan nyaman. Kepala dan leher bayi akan ditopang dengan baik oleh bantal selama tidur.

Nah, bagi bunda yang saat ini sedang ada masalah bayi sulit tidur di malam hari boleh mengaplikasikan tips di atas. Bayi sangat berbeda dengan orang dewasa, bahkan ada yang sedikit saja mendengar suara langsung terbangun. Hal ini memang akan sangat merepotkan bunda, tetapi harus tetap semangat dan sabar.

Produk Bubur Bayi Organik dari ONIC

Buat Anda yang sedang mencari bubur instan yang tidak hanya halal, namun juga bernutrisi serta aman karena bebas MSG dan pengawet, maka ada produk ONIC. ONIC FOOD menawarkan produk bubur organik instan dalam kemasan pouch yang mudah disajikan dan siap saji.

Kelebihan produk ini tidak hanya soal rasa, namun juga:

  • Sudah tersebar di 40 outlet di Indonesia
  • Tidak mudah benyek
  • Bebas pengawet dan MSG
  • Banyak daging dan sayurnya
  • Dijamin enak
  • Mudah disajikan dan praktis

Jadi tips tidurkan bayi waktu malam lainnya, jangan biarkan bayi lapar. Anda dapat memberikan bubur organik instan ini.

[Total: 4   Average: 5/5]
Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 082125243680
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp