Blog

Tips Traveling dengan Bayi 7 Bulan

Tips Traveling dengan Bayi 7 Bulan – Memiliki bayi 7 bulan bukan berarti berdiam terus di rumah. Jika memungkinkan, mengapa Anda tidak mengunjungi berbagai tempat menarik untuk healing. Sekaligus mengajak bayi beradaptasi dengan lingkungan luar.

Pada percobaan pertama, tidak perlu bepergian terlalu jauh. Anda bisa mengunjungi tempat rekreasi terdekat atau kota terdekat. Jika Anda masih khawatir terjadi masalah atau hal yang tidak diinginkan. Silakan ikuti panduan berikut.

Tips Traveling dengan Bayi 7 Bulan

Apa Saja Tips Traveling dengan Bayi 7 Bulan yang Aman?

  1. Bawa Obat-obatan

Kotak obat merupakan salah satu perlengkapan paling penting yang harus Anda miliki. Bukan hanya di rumah, kantor tapi juga di dalam kendaraan. Bila bepergian kali ini Anda menggunakan kendaraan umum, bawalah obat-obatan yang hanya dibutuhkan.

Mengingat membawa kotak obat bukanlah tindakan yang tepat bahkan cenderung merepotkan karena memakan banyak tempat. Selain membawa obat-obatan milik pribadi, bawalah juga obat-obatan milik bayi Anda. Jenis obat yang telah diresepkan oleh dokter anak.

Membawa obat-obatan merupakan tindakan cerdas. Membantu Anda mencegah sekaligus mengobati ketika Anda maupun anak sakit. Tentunya, Anda tidak ingin mampir ke rumah sakit karena bayi Anda sakit bukan?

  1. Bawa MPASI

Anda perlu membawa bekal makanan bagi bayi agar perutnya tidak merasa lapar karena bayi yang lapar mudah rewel selama perjalanan. Anda bisa membawa camilan berupa snack bayi ataupun MPASI seperti bubur organik. Untuk penyiapan yang praktis, Anda bisa membawa MPASI bubur ONIC yang tinggal dihangatkan saja sebelum diberikan pada si kecil. Bubur ini praktis dikemas dalam kemasan pouch, bebas MSG/ pengawet serta tidak terlalu cair.

  1. Bawa Popok yang Mencukupi

Tips traveling dengan bayi 7 bulan jarak jauh adalah membawa popok secukupnya. Membawa obat-obatan mungkin sangat penting, tapi menambahkan popok ke daftar barang bawaan juga tidak kalah pentingnya.

Bawalah popok sesuai kebutuhan, jumlahnya harus pas atau lebih dari jumlah hari Anda berlibur. Apalagi jika tempat yang Anda kunjungi cukup jauh jaraknya dari pasar, minimarket atau supermarket.

Tempatkan popok bersamaan dengan perlengkapan lainnya. Semakin sedikit jumlah koper yang Anda bawa maka akan semakin baik.  Apalagi jika traveling ini, Anda tidak bepergian bersama orang lain hanya bersama bayi 7 bulan.

  1. Bawa Car Seat

Melakukan perjalanan jarak dekat atau jauh bersama bayi 7 bulan mengharuskan Anda melakukan berbagai persiapan. Salah satunya membekali kendaraan dengan car seat. Menempatkan bayi 7 bulan di pangkuan Anda bukanlah keputusan bijaksana meski setelah memakai sabuk pengaman.

Car seat memberikan keamanan dan kenyamanan pada bayi saat berkendara. Pasang car seat di pintu belakang dengan arah menghadap depan sehingga Anda bisa memantau bayi dengan baik melalui kaca spion. Memastikan posisi bayi sudah benar.

Manfaat car seat lainnya, bayi bisa tidur dan beristirahat dengan nyaman selama perjalanan. Meski perjalanan Anda menyita banyak waktu, tubuh bayi akan tetap merasa nyaman. Anda pun tidak perlu mengkhawatirkan kenyamanan bayi selama menyetir.

  1. Kenakan Pakaian yang Hangat dan Nyaman

Tips traveling dengan bayi 7 bulan menginap salah satunya memberikan kenyamanan pada si kecil. Kenakan bayi pakaian yang hangat dan nyaman untuk tubuh mereka. Perhatikan dengan baik temperatur kamar di hotel Anda, apakah suhunya sesuai dengan bayi.

Apakah bayi merasa hangat dan nyaman atau justru kedinginan? Pilih kain katun yang mampu menyerap keringat dengan sangat baik. Ketika bayi Anda masih merasa kedinginan, pakaikan selimut untuk membuat tubuhnya menjadi lebih hangat.

  1. Ketika di Pesawat

Melakukan perjalanan darat dan udara merupakan dua hal yang berbeda. Bagi orang dewasa, perubahan tekanan udara dalam pesawat tidak banyak menimbulkan gangguan. Sementara untuk bayi kondisi tersebut membuat telinga mereka terasa sakit atau nyeri.

Agar bayi bisa tetap nyaman dan damai ketika naik pesawat, berikan MPASI dan ASI saat pesawat mendarat maupun lepas landas. Cara ini membantu mengalihkan bayi dari rasa sakit atau tidak nyaman di telinga mereka.

Itulah beberapa tips traveling dengan bayi 7 bulan dengan nyaman. Memiliki bayi bukan berarti menghindari dunia luar. Anda masih bisa bepergian ke berbagai tempat menarik bahkan luar kota bersama si kecil.

Cara Mengatur Tidur Bayi Selama Traveling

Ketika melakukan perjalanan, bayi membutuhkan istirahat cukup sesuai porsi yang mereka butuhkan. Jam tidur yang mereka butuhkan setidaknya lebih dari 10 jam. Agar rutinitas tidur bayi tidak terganggu, silakan ikuti sejumlah tips berikut.

  • Pesan kamar yang mencukupi

Berapa jumlah orang yang bepergian dengan Anda? Apakah Anda bepergian bersama keluarga besar atau hanya berdua dengan si kecil? Supaya semuanya merasa nyaman, hitung jumlah orang yang berlibur dan pesan kamar sesuai kebutuhan.

Jangan paksakan menginap di satu kamar yang sama sementara jumlah anggota keluarga yang berlibur cukup banyak. Apalagi membiarkan bayi Anda tidur di ranjang orang dewasa. Silakan pesan tempat tidur khusus bayi dan biarkan bayi Anda beristirahat di sana.

  • Jalani rutinitas tidur seperti biasanya

Biasanya jam berapa bayi Anda mulai tidur malam? Meskipun momennya sedang liburan, pastikan rutinitas tidur bayi tidak terganggu. Bayi harus tidur di jam yang sama seperti biasanya tidak boleh lebih cepat bahkan lebih lambat.

Kurang tidur hanya akan membuat bayi mudah sakit bahkan rewel baik saat traveling maupun setelahnya. Hindari kondisi tersebut dengan tetap mempertahankan rutinitas tidur bayi.

Sebesar apa pun keinginan Anda untuk mengunjungi tempat-tempat menarik di malam hari. Pastikan kembali ke tempat penginapan sebelum jam tidur bayi datang.

  • Biarkan bayi menyesuaikan diri

Sama seperti orang dewasa, bayi juga bisa merasa tidak nyaman ketika berhadapan dengan lingkungan baru. Cara mereka menunjukkannya sangat beragam termasuk menangis sepanjang malam.

Meski bayi banyak menangis, cobalah untuk bertahan. Biarkan bayi Anda menyesuaikan diri dengan lingkungan baru tersebut. Ketika bayi bisa membiasakan diri secara otomatis mereka dapat tidur dengan nyenyak seperti di rumah.

  • Biasakan bayi tidur dengan tempat tidur portabel

Bepergian bersama bayi tidak serta membuat Anda membawa tempat tidur khusus bayi.  Supaya bayi dapat tidur dengan nyaman di tempat penginapan, cobalah biasakan bayi tidur di tempat tidur portabel. Beli tempat tidur portabel dengan kualitas terbaik sehingga bayi bisa merasa nyaman beristirahat di atasnya.

Strategi ini dapat membantu diri Anda sendiri sekaligus memberikan kenyamanan terhadap bayi. Bayi yang dapat tidur dengan nyaman tidak akan rewel. Bayi juga merasa segar dan nyaman di pagi hari setelah bangun tidur. Otomatis liburan yang telah Anda rencanakan jauh hari bisa berjalan dengan lancar.

Apa yang Anda lakukan saat berlibur bersama  bayi 7 bulan?  Berlibur bersama bayi bukanlah perkara yang mudah. Banyak hal yang harus Anda rencanakan termasuk perencanaan perlengkapan bayi. Reservasi hotel, rental kendaraan dan sebagainya.

Alangkah baiknya, jika Anda juga mengikuti semua tips traveling dengan bayi 7 bulan yang telah dijelaskan di atas.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp