Blog

Tips Travelling Dengan Bayi 5 Bulan

Tips Travelling Dengan Bayi 5 Bulan – Membawa si kecil untuk berlibur atau menikmati suasana di luar rumah memang terkadang bisa menjadi hal yang cukup merepotkan. Hal ini karena dibutuhkan banyak tenaga dan juga kesabaran yang ekstra. Oleh karenanya kebanyakan orang tua masih harus berpikir ulang untuk mengajak si kecil pergi keluar rumah. Terutama dengan jarak yang jauh.

Tips Travelling Dengan Bayi 5 Bulan

Namun sebenarnya membawa si kecil untuk berlibur bisa juga tidak merepotkan. Hal ini karena si kecil yang masih berusia di bawah 6 bulan, aktivitasnya masih terbatas. Lain halnya dengan si kecil yang mungkin sudah bisa berjalan dimana Anda akan cukup repot untuk membawanya.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bepergian dengan si kecil.

Tips Travelling Dengan Bayi 5 Bulan Yang Aman

  • Membuat jadwal perjalanan yang fleksibel

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan saat akan mengajak si kecil untuk berlibur adalah pastikan Anda berlibur dengan keluarga. Hindari untuk memilih berlibur dengan rombongan tour. Hal ini akan membuat si kecil kurang nyaman. Selain itu berlibur dengan keluarga juga akan memungkinkan Anda untuk bisa mengatur jadwal dan juga kegiatannya saat berlibur. Hal ini tentunya berbeda dengan jadwal liburan tour yang lebih padat. Saat Anda sudah tiba di tempat tujuan, pastikan untuk meluangkan waktu terlebih dulu dengan istirahat. Hal ini juga untuk membantu agar si kecil bisa menyesuaikan diri dengan suasana atau lingkungan yang baru.

  • Pilih alat transportasi yang nyaman

Tips traveling dengan bayi 5 bulan agar nyaman selanjutnya adalah dengan memilih jenis alat transportasi yang nyaman digunakan. Jika harus menggunakan pesawat, maka pastikan pada pihak maskapai mengenai ketentuan yang berlaku. Pilihlah tempat duduk yang ada dipinggir jalan atau dekat dengan kamar mandi. Tujuannya agar Anda lebih nyaman dan mudah saat harus mengganti popok si kecil.

Bepergian dengan kereta dirasa cukup nyaman karena Anda bisa memiliki tempat atau ruang yang lebih luas untuk bergerak jika dibandingkan dengan menggunakan pesawat. Sedangkan menggunakan mobil pribadi akan lebih nyaman karena Anda bisa melakukan aktivitas yang lebih nyaman dan juga leluasa. Pastikan juga Anda menggunakan kursi khusus untuk si kecil yang terpasang di dalam mobil.

  • Menciptakan suasana yang nyaman untuk si kecil

Kebanyakan orang tua akan merasa kesulitan untuk membawa si kecil berlibur. Terutama saat jaraknya yang jauh. Hal ini karena mereka takut si kecil yang akan rewel sehingga kurang bisa menikmati suasana liburan dengan nyaman. Untuk mengatasi hal tersebut, maka coba untuk membuat suasana liburan menjadi menyenangkan.

Anda bisa mencoba membawa mainan atau boneka kesukaannya untuk mengalihkannya dari rewel atau rasa tidak nyaman. Bahkan Anda juga bisa membawa bantal atau selimut kesayangannya untuk membantunya bisa tidur lebih nyaman dan tidak rewel.

  • Mempersiapkan perlengkapannya

Jika membawa si kecil untuk bepergian memang harus membawa beberapa kebutuhannya juga. Salah satunya adalah perlengkapannya. Tips travelling dengan bayi 5 bulan yang harus dibawa misalnya seperti botol susu, popok, baju ganti, selimut, obat-obatan pribadi, alat mandi, alat makan, hingga bubur bayi organik.

Selain itu saat bepergian pastikan agar si kecil selalu bisa mendapatkan kebutuhan makan dan minumnya. Hal ini berguna untuk menghindari si kecil agar tidak lemas atau dehidrasi. Selain beberapa perlengkapan di atas, penting juga untuk membawa stroller. Hal ini akan memudahkan Anda saat mengunjungi berbagai tempat. Selain itu Anda juga tidak perlu capek menggendong si kecil.

 

Benda Yang Harus Dibawa Saat Travelling Dengan Si Kecil

Saat travelling dengan si kecil, perlengkapannya adalah benda wajib yang harus dibawa. Hal ini karena si kecil berbeda dengan orang dewasa dimana perlengkapan yang digunakan adalah khusus.

Oleh karenanya berikut adalah beberapa benda yang penting untuk dibawa:

  • Alat makan dan botol

Ada beberapa bayi yang mau makan jika menggunakan alat makannya sendiri. Oleh karenanya lebih baik Anda juga membawa alat makannya tersebut. Selain itu bawa juga botol minum untuk menjaga-jaga jika si kecil tidak mau menyusu secara langsung.

Anda juga bisa membawa wadah makanan kecil yang bisa digunakan sewaktu-waktu saat makanannya tidak habis. Hal ini karena si kecil pastinya makan dengan porsi yang masih sedikit dibandingkan dengan orang dewasa.

Untuk kemudahan Anda, biasakan bawa bubur organik ONIC yang dikemas secara praktis dan cepat disiapkan. Anda tinggal memanaskan bubur bayi tersebut dan siap untuk dihidangkan. Meski bubur ini instant, namun bebas pengawet apalagi MSG. Tapi rasanya tetap enak karena tersedia 14 varian rasa yang dapat dipilih dan diberikan pada si kecil yang sudah bisa menerima MPASI.

  • Perlengkapan bayi

Ada berbagai macam perlengkapan bayi yang bisa Anda bawa, seperti:

  • Perlak, perlak ini berguna untuk alas saat Anda akan mengganti popok si kecil. Sehingga Anda bisa mengganti popoknya dimana saja.
  • Popok, si kecil yang masih berusia 5 bulan memang masih banyak buang air kecil. namun Anda tidak perlu membawa semua popok tersebut. Hanya bawa popok secukupnya saja. Nantinya saat popoknya habis, Anda bisa membelinya di supermarket terdekat. Hal ini berguna agar koper atau tas Anda tidak penuh dengan popok.
  • Stroller, tips travelling dengan bayi 5 bulan menyenangkan adalah dengan membawa stroller. Stroller ini memungkinkan Anda untuk bisa membawa si kecil berlibur dengan lebih nyaman. Selain itu Anda juga tidak perlu repot capek untuk menggendongnya ke mana saja. Namun coba juga menyesuaikannya dengan kondisi tempat yang dikunjungi. Jika terlalu banyak anak tangga maka lebih baik menggunakan baby carrier.
  • Alat mandi, untuk perlengkapan mandinya coba bawa alat yang standar saja seperti handuk, sabun, sampo, sikat gigi, dan minyak telon.
  • Losion, Losion Juga dibutuhkan untuk Anda yang bepergian dengan si kecil. Anda bisa membawa losion yang juga berfungsi sebagai anti nyamuk. Hal ini berguna agar si kecil nantinya tidak rewel saat banyak nyamuk.

  • Pakaian

Barang yang utama harus dibawa saat bepergian dengan si kecil adalah pakaian. Bawa jenis pakaian yang juga sesuai dengan destinasi wisatanya. Misalnya jika Anda ingin mengajaknya berenang, maka coba bawa baju renang atau baju tanpa lengan.

Sedangkan jika Anda berlibur di tempat yang cukup dingin maka banyak bawa sweater untuk si kecil. Namun ke mana pun Anda coba untuk berlibur, tetap selalu bawa selimut, jaket dan juga kaos kakinya. Anda juga tidak perlu membawa terlalu banyak baju. Cukup bawa 2 atau 3 baju cadangan saja.

Demikian adalah artikel mengenai tips travelling dengan bayi 5 bulan yang bisa Anda lakukan saat berniat membawa si kecil untuk liburan.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp