Blog

Tips Untuk Bayi Susah Buang Air Besar

Tips Untuk Bayi Susah Buang Air Besar – BAB si kecil yang keras sudah pasti akan membuat si kecil rewel. Hal ini juga menyebabkan orang tua menjadi bingung. Biasanya BAB yang keras dikarenakan si kecil yang baru pertama kali mencoba MPASI. Akan tetapi Anda tidak perlu takut atau khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara tersebut juga menggunakan cara yang alami atau tidak perlu menggunakan obat.

Tips Untuk Bayi Susah Buang Air Besar

Tips Untuk Bayi Susah Buang Air Besar Mengatasi Dengan Cara Alami

  • Memberikan jus buah

Ada berbagai macam buah yang bisa Anda gunakan untuk membantu melancarkan sistem pencernaan si kecil. Dalam hal ini juga berguna untuk membantu agar si kecil bisa buang air besar dengan lebih mudah dan lancar. Misalnya seperti buah pepaya, apel, pear atau plum. Untuk mengolahnya sendiri juga cukup  mudah. Anda hanya perlu mengolahnya menjadi jus atau bisa diberikan secara langsung pada si kecil yang sudah sedikit memiliki gigi.

  • Banyak mengkonsumsi air putih

Tips untuk bayi susah buah air besar dengan rutin adalah memperbanyak konsumsi air putih. Air putih ini sudah bisa Anda berikan untuk bayi yang berusia sekitar 6 bulan ke atas. Akan tetapi Anda tetap harus memberikan asi untuk si kecil. Takaran air putih yang bisa membantu mengatasi sembelit  adalah dengan 50 ml setiap minum. Jika si kecil tidak mau minum air putih secara langsung, bisa dengan cara menyuapkannya pada si kecil di sela-selanya MPASI.

  • Melatih kaki si kecil

Cara selanjutnya yang juga bisa membantu untuk melancarkan sistem pencernaan si kecil adalah dengan melatih tubuhnya. Caranya dengan meletakkan si kecil pada posisi terlentang, kemudian angkat kedua kakinya dan buat gerakan seakan-akan si kecil sedang mengayuh sepeda. Gerakan ini bertujuan untuk melepaskan tekanan pada bagian usus dan perut supaya bisa bekerja dengan baik dan lancar.

  • Mengonsumsi makanan yang tinggi serat

Serat memang sangat terkenal dengan manfaatnya yang bisa melancarkan sistem pencernaan. Hal ini karena mengandung laksatif yang memang bagus untuk pencernaan. Berbagai jenis makanan yang mengandung serat seperti persik, aprikot, pear dan lainnya. Sayuran hijau juga sangat bagus untuk membantu melancarkan sistem pencernaan si kecil. Anda bisa menggunakan bubur bayi organik dengan kandungan sayuran hijau seperti bayam atau brokoli sebagai menu MPASI si kecil. Tips untuk bayi susah buah air besar tapi kentut terus adalah dengan menghindari memberinya makanan yang bisa membuat BAB menjadi keras seperti wortel, pisang, keju dan sereal beras.

  • Memijat perutnya

Memijat perut si kecil juga bisa membantu untuk melancarkan sistem pencernaannya. Pertama adalah dengan memosisikan si kecil agar tidur dengan terlentang. Kemudian pada bagian perut mulai dari pusar pijat secara perlahan dengan gerakan memutar searah jarum jam. Jangan lupa untuk selalu memijatnya dengan lembut dan jangan menekan terlalu keras. Jika si kecil mulai menangis mungkin Anda memijat perutnya terlalu keras.

  • Jika si kecil mengonsumsi susu formula, ganti dengan yang lainnya

Beberapa susu formula bisa membuat si kecil yang justru kesulitan BAB. Hal tersebut biasanya karena si kecil yang tidak cocok dengan jenis susu formula tersebut. Untuk itu coba untuk mengganti susu formula dengan merk yang berbeda. Bayi yang tidak cocok dengan jenis atau merk susu formula tertentu mungkin mengalami intoleransi laktosa. Untuk itu coba mengganti susu formulanya dengan yang memiliki kadar laktosa lebih sedikit atau lebih rendah.

  • Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat bisa membantu si kecil agar lebih rileks sehingga si kecil akan lebih mudah saat BAB. Setelah mandi cobalah untuk memijat perutnya dengan lebih lembut agar sistem pencernaannya bisa bekerja dengan lebih mudah.

Makanan Yang Bisa Melancarkan BAB Dan Sistem Pencernaan Si Kecil

Selain beberapa hal di atas juga ada jenis makanan yang bisa membantu dalam melancarkan buang air besar si kecil seperti:

  • Alpukat

Alpukat merupakan buah yang sangat mudah untuk diolah menjadi MPASI. Kandungan yang ada dalam buah alpukat juga sangat bagus untuk membantu melancarkan sistem pencernaan si kecil. Selain itu, buah alpukat juga memiliki kandungan vitamin yang bagus untuk kesehatan tubuh si kecil.

  • Memberikan jus buah apel, pear, dan plum

Tips untuk bayi susah buang air besar karena sembelit adalah dengan memberikan si kecil jus dari buah pear, apel dan plum. Kandungan yang ada pada buah tersebut berguna untuk membantu feses menjadi lunak sehingga akan lebih mudah dikeluarkan. Kandungan tersebut seperti laksatid yang bisa membantu melancarkan sistem pencernaan si kecil. Selain itu jus buah pear juga mengandung sorbitol yang lebih banyak di mana akan lebih efektif dalam melancarkan sistem pencernaan si kecil.

  • Brokoli

Sayuran hijau seperti brokoli memang sangat ampuh untuk membantu melancarkan sistem pencernaan si kecil. Namun brokoli ini lebih baik jika diberikan untuk si kecil yang sudah berusia 8 bulan atau lebih. Hal ini karena pada usia tersebut sistem pencernaannya sudah bisa mencerna brokoli yang teksturnya agak kasar. Anda bisa menggunakan bubur bayi organik yang lebih praktis dan mudah untuk dikonsumsi si kecil.

  • Ubi jalar

Ubi manis atau ubi jalar juga bisa Anda manfaatkan sebagai menu olahan untuk MPASI pertama si kecil. Kandungan yang ada dalam ubi jalar seperti vitamin c dan a juga karbohidrat akan membantu dalam memenuhi kebutuhan nutrisinya. Selain itu juga ada kandungan serat yang bagus untuk membantu melancarkan sistem pencernaannya sehingga si kecil akan lebih mudah ketika buang air besar.

  • Oatmeal

Oatmeal juga mengandung serat yang bagus untuk melancarkan sistem pencernaan si kecil. Hal ini karena kandungan seratnya yang tidak kalah tinggi dengan jenis makanan lainnya. Anda bisa menggunakan oatmeal ini sebagai menu MPASI si kecil. Bubur bayi organik dengan kandungan oatmeal bisa Anda tambahkan dengan asi untuk memberikan rasa dan agar tidak terlalu kental sehingga si kecil tetap menyukainya.

Tips untuk bayi susah buah air besar adalah dengan memperhatikan jenis makan yang ia konsumsi. Perbanyak memberikan buah, air dan juga makanan yang mengandung serat seperti sayuran hijau. MPASI dengan kandungan tersebut akan bagus untuk sistem pencernaan si kecil agar lebih lancar dan BABnya tidak keras.

 

Untuk membantu Bunda melakukan hal tersebut, maka bisa coba menggunakan bubur organik Onic. Produk ini dibuat menggunakan bahan organik pilihan yang memiliki nutrisi terbaik dan aman dikonsumsi oleh si kecil.

Dengan nutrisi yang tepat maka pencernaan si kecil juga dapat terjaga dengan baik. Bunda juga tidak perlu repot untuk mengolahnya sendiri karena bubur organik Onic sudah tersedia dan gampang dikonsumsi.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp