Blog

Tips untuk Bayi Tidur Malam

Tips untuk Bayi Tidur Malam – Kehidupan pasangan baru akan berubah saat si kecil sudah lahir ke dunia. Mulai sibuk mempersiapkan keperluan si kecil, memandikan, menyuapi makan, memakaikan baju bahkan membuat bayi tidur.

Memang bukan hal yang mudah untuk menidurkan bayi, karena tidak semua bayi akan langsung tertidur begitu cepat. Seorang ibu juga perlu tahu jam tidur  ideal si kecil. Nah, agar lebih memudahkan bisa coba tips berikut ini.

Tips untuk Bayi Tidur Malam

6 Tips untuk Bayi Tidur Malam Nyenyak yang Harus Dicoba

  • Manfaatkan Cahaya

Salah satu cara agar bayi bisa tidur lebih lama adalah dengan meredupkan cahaya lampu kamar tidur. Karena ruangan yang tidak terlalu terang memancing seseorang mengantuk. Jadi, di pagi hari usahakan agar bayi memperoleh cukup cahaya sedangkan saat malam hari intensitas cahaya bisa dikurangi.

Sehingga secara tidak langsung membuat bayi tahu kapan waktunya tidur dan kapan waktunya bangun. Ini juga solusi menidurkan bayi tanpa perlu menggendongnya terlebih dulu.

Biarkan bayi terpapar sinar matahari ketika siang hari, jangan lupa ajak bayi untuk tidur siang di tempat yang nyaman. Jika memang bayi tidak suka cahaya terang ketika tidur, maka silakan meredupkannya. Misalnya buka gorden kamar agar lebih terang dan menutupnya agar kamar lebih redup.

Bayi sering kali terbangun di malam hari dalam keadaan gelisah sehingga menangis. Menghadapi kejadian seperti ini, jangan langsung menghidupkan lampu kamar. Biarkan saja cahaya remang-remang, karena jika dinyalakan akan memberikan sinyal di otak bayi bahwa itu saatnya dia bangun. Tetapi tips untuk bayi tidur malam pulas adalah menenangkan bayi.

  • Jika mulai mengantuk, tidurkan bayi

Sama seperti orang dewasa, bayi juga mengantuk saat hendak tidur. Langsung letakkan bayi di tempat tidurnya di siang hari, misalnya dalam ayunan ataupun boks tidur supaya dia lebih nyaman.

Bahkan lebih baik jangan letakkan bayi ke tempat tidurnya ketika dia sudah terlelap. Tetapi, langsung letakkan di tempat tidurnya saat dia masih mengantuk. Ini juga salah satu trik membuat bayi tidur tanpa perlu digendong terlebih dulu.

  • Jangan pergi saat bayi sudah terbangun kembali

Bayi juga terkadang kembali terbangun setelah ditidurkan terutama saat ibu hendak pergi. Jika mengalami hal ini, jangan langsung pergi begitu saja. Kembali lagi ke tempat tidur dan sabarlah berada di samping bayi. Akan lebih baik menepuk punggungnya ataupun mengelus kepalanya agar dia tahu ada ibunya di sisinya.

  • Jangan biarkan adanya kontak mata

Saat si kecil terbangun kemudian melakukan kontak mata dengan ibunya, inilah salah satu penyebab bayi tidak bisa tidur di malam hari karena gelisah. Jadi, usahakan tidak melakukan kontak mata. Buatlah isyarat bahwa dia aman supaya bayi merasa nyaman sehingga dia akan tidur lagi.

Selain itu, usahakan untuk mengurangi interaksi antara orang tua dengan si kecil. Karena jika banyak interaksi akan membuat bayi terbangun di malam hari. Boleh saja menyanyikan lagu pengantar tidur, membaca doa ataupun mengusap punggungnya.

  • Ganti diaper dengan air hangat

Jika bayi terbangun di malam hari, ini salah satu pertanda bahwa diaper si kecil basah ataupun terlalu penuh. Sebaiknya jangan mengganti dengan diaper baru, tetapi gunakan tisu hangat dan basuh bokong si kecil. Namun, jika bayi BAB barulah diaper tersebut harus diganti, tips untuk bayi tidur malam tanpa bangun.

  • Menyusui bayi

Penyebab bayi terbangun di malam hari juga karena dia lapar. Maka, silakan berikan si kecil dream feed dengan menyusuinya antara jam 22.00 sampai menjelang tengah malam. Nah, saat menyusui ini juga harus diperhatikan cahaya lampu kamar tidur.

Jika bayi tidur di ranjang khusus bayi, maka kondisi lampu tetap diredupkan dan secara perlahan mengeluarkan dia dari boks. Letakkan di ranjang dengan posisi nyaman untuk mulai menyusui. Pastikan mulut si kecil berada di puting susu ibu, jika sudah terlelap boleh kembali diletakkan dalam boksnya.

3 Poin Penting Menandakan si Kecil Tidur Dengan Nyenyak

Tidur yang berkualitas penting untuk si kecil selain untuk pertumbuhan juga membantu perkembangan otaknya. Hormon pertumbuhan yang diproduksi dalam tubuh dapat salurkan ke seluruh tubuh dengan maksimal. Tetapi, masih ada orang tua yang belum mengerti apakah si kecil sudah tidur nyenyak atau belum. Makanya, dibahaslah tanda-tanda berikut ini:

  • Tidak gelisah

Saat bayi tidur coba perhatikan apakah banyak bergerak atau tidak. Bayi yang gelisah ataupun yang tidak tidur nyenyak akan banyak bergerak dalam tidurnya. Sedangkan yang tidur nyaman sangat sedikit sekali bergerak karena nyenyak sekali.

Penyebab bayi merasa gelisah sudah dijelaskan di atas, sehingga ibu berusaha mengurangi apa-apa yang dapat menyebabkan bayi tidak tidur nyenyak. Cara yang juga perlu dilakukan agar bayi dapat tidur nyenyak dengan menyusui sebelum tidur sehingga tidak lapar nantinya. Jika bayi lapar, akan terbangun di malam hari.

Popok si kecil juga perlu diperhatikan agar tidak tidur dalam keadaan basah. Boleh saja memakaikan popok sekali pakai saat hendak tidur yang nyaman untuk si keci sebagai tips untuk bayi tidur malam dengan nyenyak.

  • Tidak bangun di malam hari

Bayi yang tidur nyenyak tidak akan terbangun di malam hari dan akan bangun saat pagi tiba. Jika berbicara tentang bayi tidur,  sebenarnya sama saja dengan orang dewasa yang terkadang terbangun di tengah  malam.  Penyebabnya sama karena tidak nyaman tidur ataupun tidak nyenyak.

Untuk si kecil, ibu boleh usahakan agar bayi tidur di siang hari dengan durasi yang cukup, jangan berlebihan. Maka, perlu ketahui berapa jam tidur normal bayi sesuai tahapan usia masing-masing. Jadi, si kecil dapat tidur siang dan malam hari dengan jam yang seimbang.

Bayi yang berusia 0-2 bulan, memiliki durasi tidur normal siang hari 7,5 jam sedangkan di malam hari sekitar 8,5 jam. Jika sudah beranjak usia 3 bulan, maka durasi tidur siang akan berkurang yaitu 5 jam dan tidur malam hari bertambah yaitu 10 jam.

Selanjutnya untuk bayi yang memasuki usia 4-5 bulan sebaiknya tidur siang selama 4 jam dan malam hari tidur selama 11 jam. Memasuki usia 6 bulan, durasi tidur siang si kecil sedikit bertambah yaitu 4,5 jam dan di mala hari selama 10 jam. Kemudian ketika beranjak usia 7-8 bulan memiliki durasi tidur normal siang hari selama 4 jam dan malam hari selama 10 jam.

Saat sudah bertambah usia 9 bulan, sebaiknya tidur siang hanya 3 jam dan tidur malam hari normalnya 11 jam. Namun, ketika sudah masuk usia 10-11 bulan normal waktu tidur selama 2,5 jam dan tidur malam hari selama 11 jam. Ketika sudah berusia satu tahun, normal durasi tidur siang hari 2 jam dan tidur malam hari selama 11 jam.

  • Ceria, antusias dan responsif

Jika anak kekurangan tidur pasti tidak bertenaga, tidak bergairah untuk bermain. Jadi, cukup atau tidaknya durasi tidur si kecil juga bisa diketahui dari sikap yang ditunjukkan. Jika sepanjang hari ceria, responsif dan antusias maka tidurnya tidak bermasalah.

Agar si kecil juga tertidur nyenyak, maka pastikan perutnya tidak kosong. Karena perut yang lapar akan mudah membuat si kecil rewel dan terbangun. Jika terjadi di malam hari, Anda dapat membuatkannya bubur instan.

Pilihlah Bubur Organik dari ONIC Food dengan pilihan 14 macam variasi rasa. Hal ini karena produk bubur organik instan mudah dan cepat disiapkan dibanding membuat bubur sendiri. Demikian tips untuk bayi tidur malam dengan nyenyang, perut kenyang tidur pun mudah lelap.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp