Blog

Tips untuk Bayi yang Susah Makan

Tips untuk Bayi yang Susah Makan – Mengenalkan makanan dan mengajarkan bayi untuk makan memang susah-susah gampang, namun bukan berarti bunda tidak dapat melakukannya. Apalagi jika ada bayi yang memang tidak mau makan sama sekali.

Tips untuk Bayi yang Susah Makan

Kondisi bayi tidak mau makan membuat orang tua khawatir akan kebutuhan gizi si kecil. Sehingga ada orang tua yang memaksa anaknya makan, padahal ini tidak berdampak baik untuk si kecil. Berikut penyebab susah makan si kecil dan solusinya.

Penyebab dan Tips untuk Bayi yang Susah Makan

  • Bayi sudah kenyang

Salah satu penyebab mengapa si kecil susah makan karena dia merasa sudah kenyang. Misalnya sebelum waktu makan tiba, dia sudah menyusui ataupun minum susu. Kemudian disodorkan makan siang, tentu saja bayi tidak mau lagi. Untuk menghindari hal ini, orang tua harus mengetahui dan mengatur dengan baik jadwal menyusui si kecil, jadwal makan makanan padat dan makan camilan.

Hal ini membantu agar si kecil dapat menikmati makanan tepat waktu sesuai yang ditentukan. Selain itu, juga mengajarkan bayi untuk mengetahui bagaimana rasa lapar dan rasa kenyang. Jika saat sudah kenyang, bayi masih disodorkan MPASI tentu saja dia akan melepehkan makanan tersebut, memainkan makanan ataupun mengemutnya.

Sebenarnya ini bukan masalah besar, sebab si kecil akan minta makan sendiri saat dia sudah lapar. Ketika si kecil sedang memukul-mukul sendok, menutup mulut dan memalingkan wajah itu maksudnya dia sedang tidak ingin makan. Maka sebagai orang tua juga tidak seharusnya memaksa bayi makan saat itu juga.

Tunggulah sampai dia merasa lapar kembali. Jadi, tips untuk bayi yang susah makan MPASI terapkan jadwal makan siang dan makan malam teratur.

  • Sulit mencoba makanan baru

Memang ada bayi yang terkadang sulit sekali menerima saat diberikan jenis makanan baru. Ini adalah hal yang wajar sebenarnya dan terjadi pada sebagian bayi. Mengenalkan jenis makanan baru memang butuh waktu. Ada bayi yang beberapa hari sudah bisa menerima makanan asing, ada juga yang beberapa minggu dan bahkan ada yang butuh waktu 1 bulan.

Ketika orang tua mengenalkan makanan baru, pasti ada bayi yang tampak susah, menolak, melepehkan makanan dan berbagai hal lain dilakukan dalam rangka menolak makanan. Orang tua tentu tidak boleh menyerah dalam hal ini. Karena memang butuh waktu, bukan sekali diberikan bayi langsung suka dan makan dengan lahap.

  • Sedang Sakit

Sama seperti orang dewasa yang susah makan saat kurang sehat, begitu juga dengan si kecil susah makan saat sedang sakit.  Misalnya, sedang flu, sakit tenggorokan, sakit perut ataupun masalah kesehatan lainnya yang membuatnya kehilangan nafsu makan.

Bagi bayi, keluhan rasa sakitnya lebih besar dibandingkan keinginan untuk makan. Sehingga bayi susah sekali membuka mulut untuk makan, baik makan sendiri ataupun disuapi. Sebagai orang tua, tentu harus sabar saat si kecil sakit dan tidak mau makan. Karena berat badannya bisa kembali ditingkatkan saat sudah sehat.

  • Tidak suka tekstur dan rasa

Penyebab lain si kecil tidak mau makan karena tidak suka dengan rasa ataupun tekstur dari makanan yang diberikan. Misalnya terlalu cair, lembek ataupun terlalu kental sedangkan jika dilihat dari usianya memang bukan waktunya lagi menikmati tekstur makanan seperti itu. Jadi, berikan makanan dengan tekstur yang sesuai usia si kecil.

Terutama untuk makanan baru, sah-sah saja jika bayi menolak untuk pertama kalinya. Ada juga bayi yang tidak suka makanan yang sudah pernah diberikan sebelumnya, hanya saja sekarang diberikan dengan bentuk dan tampilan berbeda. Memang benar bayi cukup sensitif.

Bayi juga memiliki rasa kesukaan dari makanan yang pernah dia makan. Sehingga saat orang tua menyodorkan makanan dengan rasa baru yang belum pernah dicoba, tentu saja butuh waktu menerimanya. Jadi, bukan masalah besar saat bayi tidak mau makan karena seiring berjalannya waktu bayi akan menyukai makanan yang diberikan.

Bayi yang suka dengan makanan manis seperti buah, tentu sulit menerima makanan yang agak pahit seperti sawi, selada dan juga sulit menerima makanan yang tawar. Tips untuk bayi yang susah makan 6 bulan, sesuaikan dengan rasa dan tekstur yang disukainya.

Trik Efektif Atasi Bayi Susah Makan

Setelah mengetahui penyebab bayi susah makan, maka saatnya ketahui juga bagaimana caranya mengatasi hal tersebut. Karena tentu percuma saja tahu penyebab tetapi tidak tahu solusinya. Orang tua jangan langsung khawatir, tetapi berpikirlah dingin dan membaca solusi satu per satu:

  • Gunakan cara menarik saat mengenalkan makanan

Bayi terkadang menolak makanan karena bentuk, warna ataupun teksturnya kurang menarik. Maka, bunda harus memutar otak menyajikan makanan yang menarik untuknya. Jadi, bantu agar si kecil lebih mudah menikmati makanan baru. Salah satunya membuat makanan baru mirip dengan makanan favorit si kecil.

Misalnya, bayi suka kentang tumbuk dan orang tua masih ingin mengenalkan wortel, agar tidak selalu makan kentang.  Sudah jelas wortel baik dari segi bentuk, warna dan rasa sangat berbeda dengan kentang. Maka, olah saja wortel dicampur bersama kentang, juga dibuat tekstur yang halus.

Jangan langsung sodorkan dalam jumlah banyak, tetapi sedikit lebih dulu. Hal ini berguna agar si kecil mudah beradaptasi dengan makanan baru. Jika dalam beberapa hari si kecil masih menolak, maka bisa dilanjutkan dengan menawarkan makanan yang lain. Jangan paksakan si kecil harus langsung mau.

Merupakan hal yang normal bagi  bayi yang suka pilih-pilih makanan. Bahkan anak remaja pun masih ada yang pilih-pilih makanan. Jadi, silakan bunda bersabar menghadapinya.

  • Menunggu sampai nafsu makannya kembali normal

Saat bayi sedang sakit dan sulit sekali menerima makanan, juga tidak boleh dipaksa. Tetapi bersabar menunggu hingga nafsu makannya normal kembali. Bunda tetap memberikan makanan seperti biasa. Serahkan saja pada bayi ingin makan seberapa banyak.

Jadi, saat si kecil menolak makan karena sakit, orang tua tetap harus menawarkan makanan, bukan masalah jika masih menolak. Makanan tetap saja disediakan di depan si kecil untuk menarik perhatiannya mencicipi meskipun sedikit. Karena tips untuk bayi yang susah makan dengan lahap ini berguna mengembalikan energi agar segera sehat kembali.

  • Biarkan sampai bayi ingin makan dengan sendirinya

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jangan memaksa bayi untuk makan. Karena jika dipaksa malah akan membuat bayi semakin muak untuk mencicipi makanan. Memang cukup sulit bagi orang tua, tetapi tetap harus sabar dan berusaha agar si kecil kembali memiliki nafsu makan. Pokoknya, jangan lupa menawarkan makan ketika waktu makan tiba.

Cara efektif lainnya mengatasi tips untuk bayi yang susah makan adalah memberikan makanan si kecil sukai. Misalnya dengan pemberian bubur organik yang rasanya enak. ONIC FOOD menyediakan 14 macam varian rasa bubur yang disukai banyak bayi. Anda bisa memilih salah satu rasa yang amat disukai si kecil atau berbagai rasa lainnya.

Kontak

Ingin Menjadi Mitra?

Bubur Organik Onic ™ mencari mitra di seluruh Indonesia. Silahkan isi form atau Anda bisa menghubungi kami di :

Phone / WhatsApp : 081230002590
Email : info@buburorganik.co.id

× WhatsApp